Kediri(adakitanews.com)—Petugas unit Reskrim Polsek Kandat mengamankan Mohammad Arif (22) warga Dusun Ngemplak Desa Pagerwojo Kecamatan Perak Kabupaten Jombang. Sabtu, (30/5/2020)

Ia diamankan lantaran telah melakukan percobaan pencurian terhadap barang milik Budi Santoso, warga Dusun Pule Selatan Desa Pule Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri.

Kapolsek Kandat AKP MS Yusuf melalui Kasi Humas Polsek Kandat Bripka Sugianto mengatakan awal mula penangkapan pelaku tersebut.

Awalnya, pada hari Sabtu, (30/5) sekitar jam 17.30 wib, pelaku datang ke toko korban dan menyaru sebagai pembeli.

“Karena saat itu kondisi toko dalam keadaan sepi, kemudian pelaku masuk ke area toko dan mengambil sebuah dompet yang ada di dalam etalase toko,” ucap Kasi Humas.

Sialnya, pada saat pelaku melakukan aksinya diketahui korban dan langsung mengejar pelaku. Pelaku kemudian berusaha melarikan diri dan membuang barang bukti.

“Kemudian pelaku membuang dompet milik korban di dalam area toko dan selanjutnya pelaku melarikan diri,” terang Bripka Sugianto.

Korban dan dibantu dengan warga, akhirnya pelaku berhasil diamankan di wilayah Desa Ringinsari Kecamatan Kandat dan kemudian diserahkan ke Polsek Kandat.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku merupakan salah satu Napi yang memperoleh program asimilasi di Lapas Nganjuk.

Pelaku sebelum melakukan aksi di Desa Pule, sebelumnya pada hari Sabtu, (30/5/2020) sekitar jam 13.00 wib, pelaku juga telah berhasil mengambil barang milik warga Kecamatan Kepung.

“Karena barang bukti yang diamankan adalah hasil dari perbuatan pelaku yang dilakukan di wilayah hukum Polsek Kepung, maka untuk pelaku berikut barang buktinya kami serahkan ke Polsek Kepung guna proses penyidikan lebih lanjut,” ungkap Bripka Sugianto.

Dari pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa 1 buah dompet, 1 buah SIM, uang tunai sebesar Rp. 251.000,- dan 1 unit sepeda motor nopol S-6810-OAJ. (gar)