ADAKITANEWS2015-09-25_21.17.48, Kediri – Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri ikut melakukan penyembelihan hewan kurban pada hari raya idul adha, Jum’at (25/9). Daging hewan kurban ini disalurkan ke masyarakat PN serta sejumlah tahanan narapidana.

Sejumlah tahanan dan narapidana kini bisa merasakan suasana hari raya Idul Adha. Selain melakukan sholat mereka juga bisa menyantap daging kurban. Pasalnya, Pengadilan Negeri Kediri menyalurkan satu ekor kambing ke lembaga pemasyarakatan.

“Mereka (Narapidana-red) juga berhak merayakan hari raya kurban. Agar lebih lengkap kami membagikan satu ekor kambing,” jelas Purnomo Amin Cahyo Ketua PN Kediri.

Purnomo Amin menjelaskan, untuk membeli hewan kurban itu para petugas PN dan Hakim iuran dengan uang pribadi demi membeli beberapa ekor kambing dan sapi. “Karena ini sudah menjadi tradisi di instansi kami. Para petugas pun sepakat untuk iuran agar bisa membeli sejumlah hewan kurban,” ujarnya

Lebih lanjut Ketua Pengadilan Negeri Kediri ini menjelaskan, pihaknya sengaja melakukan penyembelian hewan kurban dalam dua hari. Menurut Purnomo Amin kegiatan ini agar terdapat pemerataan pembagian daging kurban.

“Proses penyembelihan memang kami lakukan selama dua hari agar merata. Pada hari pertama kami salurkan ke tetangga sekitar pengadilan. Sedangkan hari berikutnya ke warga kurang mampu dan lembaga pemasyarakatan,” pungkas Purnomo Amin Cahyo

Pantauan tim adakitanews.com, sejumlah instansi baru menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban pada hari ini. Alasannya, jika dilakukan tepat hari Kamis semua pegawai instasi sedang libur hari Tasyrikh.(zay)

Keterangan Gambar : Penyembelihan hewan kurban di PN Kabpaten Kediri