width=

Kediri(adakitanews.com) — Sebanyak 14 narapidana dari total 24 penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kediri menerima remisi.

Ke-14 napi ini diketahui beragama Kristen dan menerima remisi atau pengurangan masa hukuman dalam rangka Hari Natal kemarin. Mayoritas napi yang mendapat remisi merupakan warga Kabupaten kediri.

Kasubsi Registrasi Lapas Kediri, Saiful Rochman mengatakan, dari 14 orang napi penerima remisi tersebut satu di antaranya perempuan. Mereka berasal dari berbagai kasus, namun mayoritas atau 60 persen napi kasus narkotika.

Saiful menjelaskan, terdapat dua jenis remisi yaitu remisi umum yang diberikan saat tanggal 17 Agustus dan remisi khusus pada Hari Raya Idul Fitri atau Hari Natal. Masa pengurangan hukuman untuk remisi khusus mulai dari 15 sampai 45 hari.

Para napi di Lapas Kelas II A Kediri, lanjutnya, yang menerima remisi dalam rangka Hari Raya Natal adalah bagi yang sudah menjalani masa tahanan selama 6 bulan mendapat pengurangan masa hukuman sebanyak 15 hari.

Sedangkan bagi napi yang sudah menjalani tahanan selama 1 tahun, berhak mendapatkan pengurangan masa hukuman 30 hari.

Seluruh napi yang mendapatkan remisi tersebut saat ini masih melanjutkan masa tahanan, belum ada yang sampai dibebaskan. (Oky).