width=

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Perjuangan hidup Sri Martini, nenek berusia 78 tahun bersama kedua cucunya di Kota Kediri patut mendapat perhatian. Di usianya yang tak lagi muda, ia masih harus menghidupi dua cucunya. Baik untuk makan, ataupun sekolah.

=========

Ditemui di sebuah rumah kos di Kelurahan Lirboyo RT 3/RW 4 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, wanita yang akrab disapa Mbah Sri terlihat tengah asyik berbincang bersama 2 cucunya, Raditya Rezki Maulana, 7, dan Virrani Tasya Habijah, 4.

Di ruangan berukuran 3 X 4 meter itulah, Sri bersama 2 cucunya tinggal sejak sekitar setahun lalu. Ruang dapur serta tempat tidur yang berada di satu ruangan, menjadikan tempat tinggal Sri terlihat rusuh dan juga tidak layak untuk dihuni. “Aku wes ora duwe omah mas. Soale wes kobongan (Saya sudah tidak punya rumah. Soalnya sudah habis terbakar),” tutur Sri.

Kepada Tim Adakitanews.com, Sri Martini mengaku dulu saat masih sehat ia sempat berjualan gorengan. Namun karena sekarang tidak lagi kuat berjalan jauh, ia terpaksa hanya bisa mengandalkan belas kasih tetangga. “Radit, sekolahe kelas 1 SD. Lek Virra, sek kelas nol kecil. (Radit sekolahnya masih kelas 1 SD dan Virra masih TK nol kecil,” imbuhnya.

Radit dan Virra diketahui memang sudah tidak lagi tinggal bersama kedua orangtuanya. Marwati, yang merupakan ibu kedua bocah itu sudah meninggal saat Virra baru berumur 2 bulan. Sementara ayah mereka, Narjo, belum jelas keberadaannya pasca insiden kebakaran rumah Sri Martini sekitar setahun lalu.

Dikonfirmasi terpisah, tetangga yang sekaligus pengurus masjid di sekitar rumah kos tersebut, Muhammad Khoirul Huda mengaku, memang nenek serta dua cucunya itu selama ini hanya hidup dari bantuan tetangga. “Saya tahu persis, nenek dan dua cucunya itu sering keliling kompleks meminta bantuan, entah berupa makanan ataupun uang. Saya kira cukuplah buat hidup mereka dengan sumbangan yang diberi para tetangga. Sebenarnya kasihan melihatnya, namun kendalanya nenek itu tidak mau dipisahkan dengan kedua cucunya serta tidak mau dipindahkan dari tempat kos itu agar dapat tempat yang lebih layak,” ujarnya Sabtu (25/03) malam.(kdr4)

Keterangan gambar : Sri Martini bersama kedua cucunya.(foto:fasihhuddin kholili)