width=

Kediri(adakitanews.com)—Seorang dukun gadungan berhasil menipu warga. Dukun palsu berhasil membawa satu unit sepeda motor Honda Kharisma, milik Kaolani (57) warga Desa Jatirejo Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk.

Pelaku yang mengaku dukun itu bernama Agus Priyanto (40) warga Desa/Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Pelaku mengaku ke korban sanggup mengambil benda antik berupa keris di tempat wingit.

Aksi penipuan itu berawal pada, Senin (22/6/2020), lalu. Pada saat itu Abdul Aziz (60) warga Desa Raja Basa Lama Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur, bersama pelaku mendatangi rumah korban.

Kedatangan Abdul Azis bersama pelaku ini bertujuan untuk meyakinkan korban sanggup mengambil barang antik berupa keris. Abdul Azis kemudian meminjam sepeda motor milik korban.

Tanpa menaruh curiga korban meminjamkan sepeda motor ke Abdul Azis. Kemudian Abdul Azis bersama pelaku ke Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri.

“Saat berhenti di Desa Menang, pelaku ini ganti meminjam sepeda motor itu. Pelaku meminjam sepeda motor dengan alasan untuk mengambil barang antik berupa keris,”ucap Kasi Humas Polsek Pagu Bripka Erwan Subagyo, Minggu (4/7/2021).

Abdul Aziz, yang tidak menaruh curiga meminjamkan sepeda motor itu. Namun, setelah ditunggu lama pelaku tidak kunjung kembali. Abdul Aziz bingung karena sepeda motor itu bukan miliknya.

Akhirnya Abdul Aziz menghubungi korban bahwa sepeda motornya dibawa pelaku.”Merasa menjadi korban penipuan akhirnya korban melapor ke Polsek Pagu,”terang Bripka Erwan.

Kasus penipuan itu akhirnya terungkap. Petugas unit Reskrim Polsek Pagu mendapat kabar pelaku ditangkap di Polsek Sukorejo, Polres Ponorogo. Pelaku ini melakukan kejahatan yang sama di wilayah Ponorogo.

“Mendapat informasi pelaku ditangkap Polsek Sukorejo, Polres Ponorogo, petugas unit Reskrim Polsek Pagu langsung kesana. Setelah dikroscek ternyata benar,”tutur Bripka Erwan.

Pelaku saat ini mendekam di tahanan Mapolsek Sukorejo, Polres Kediri. Sementara, aksi pelaku melakukan kejahatan penipuan diberbagai TKP.

“Dari keterangan pelaku ia melakukan aksinya di Pagu dan Gurah. Saat ini pelaku ditahan di Polsek Sukorejo, Polres Ponorogo,”ungkap Bripka Erwan.(Gar).