ADAKITANEWS, Blitar – Pencapaian penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB P2) di Kabupaten Blitar hingga jatuh tempo tahun ini ternyata belum memenuhi target. Hal tersebut, diduga lantaran ada penggelapan pajak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar, Ismuni mengatakan, sampai dengan akhir masa jatuh tempo pelunasan PBB P2 di Kabupaten Blitar, memang pencapaiannya masih jauh dari target. Sedangkan untuk saat ini pihaknya tengah menyoroti salah satu desa yang ada di Kabupaten Blitar, karena salah satu perangkat atau pamong bloknya diduga telah menggunakan uang pajak bumi dan bangunan untuk kepentingan pribadi.

“Rendahnya pencapaian penerimaan PBB P2 ini diduga ada salah satu desa, yang salah satu perangkatnya diduga melakukan uang pajak untuk kepentingan pribadi. Tapi kita belum bisa memberitahu ke media di mana desa ini,” kata Ismuni, Kamis (26/10).

Ismuni menjelaskan, dugaan itu dilihat dari minimnya pemasukan PBB di desa itu yang masih 9 persen. Sedangkan sampai saat ini pemasukan PBB desa sebagian besar warganya sudah membayar PBB. Padahal kejadian seperti ini sebelumnya tidak pernah terjadi.

“Untuk menjadi efek jera dan menjadi contoh bagi desa lain, kita akan menindak oknum pamong blok itu sesuai dengan aturan yang berlaku, serta akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait diantaranya Inspektorat dan Satpol PP, yang akan memproses dengan membuat Berita Acara Pemeriksaan BAP,” jelasnya.

Ismuni menambahkan, dengan tidak disetorkannya uang PBB dari warga dan masih berada di oknum pamong blok, berdampak pada tersendatnya pemasukan PBB ke kas daerah. “Otomatis pemasukan ke kas daerah tersendat. Bahkan sampai sekarang penerimaan PBB masih belum mencapai target,” papar Ismuni.

Untuk diketahui, dua minggu pasca masa jatuh tempo realisasi PBB P2 di Kabupaten Blitar pada 23 September 2017 lalu, baru mencapai 73 persen atau Rp 20,6 miliar dari target ketetapan Rp 28,2 miliar.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ismuni, Kepala Bapenda Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/261017-fat-blitar-pbb.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/261017-fat-blitar-pbb-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,blitar,pbb
ADAKITANEWS, Blitar - Pencapaian penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB P2) di Kabupaten Blitar hingga jatuh tempo tahun ini ternyata belum memenuhi target. Hal tersebut, diduga lantaran ada penggelapan pajak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar, Ismuni mengatakan, sampai dengan akhir masa jatuh...