ADAKITANEWS, Kota Blitar – Walikota Blitar, Muhammad Samanhudi Anwar secara resmi melaunching program One Day English di Gedung Kusumawi Citro, Jalan S Supriyadi Kota Blitar, Selasa (07/03). Rencananya program ini akan dilaksanakan setiap hari Sabtu, dimana setiap lembaga pemerintahan di Kota Blitar wajib berbahasa Inggris.

Usai melaunching, Samanhudi menjelaskan, program One Day English dipilih karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan harus dipahami oleh semua kalangan terutama pelayanan publik di Kota Blitar. “Ini sebagai upaya kita meningkatkan SDM terutama menghadapi era Globalisasi dan Keterbukaan Publik. Bahasa Inggris kan juga bahasa internasional yang dipakai oleh banyak negara setiap kali berkunjung ke suatu tempat di luar negara lain,” jelasnya.

Lanjut Samanhudi, nantinya program One Day English akan diterapkan di seluruh lembaga SKPD di Kota Blitar secara bertahap. “Untuk sementara kita intens kan di Dinas Pendidikan dulu, nanti menyusul ke yang lainnya pelan pelan. Pokok nantinya setiap hari Sabtu, semua wajib berbahasa Inggris,” katanya kepada wartawan.

Diketahui, beberapa lembaga sekolah di Kota Blitar, sudah mulai menerapkan program ini sebelum dilaunching. Diantaranya di SMKN 1 Blitar, SMAN 1 Blitar, dan di SMPN 9 Kota Blitar. Dan sementara, program ini memang ditujukan untuk mendukung potensi Wisata di Kota Blitar.

Samanhudi menambahkan, di beberapa kelurahan sudah ada yang menerapkan program ini, hanya saja ia tak menyebutkan nama daerahnya. “Beberapa Kelurahan sudah menjalankan, cuma saya lupa mana saja,” tutupnya.(blt1)

 

Keterangan gambar: Walikota Blitar, Samanhudi.(dok. Adakitanews.com)