Operasi Ketupat Semeru 2022, Polres Kediri Dirikan Enam Pospam Antisipasi Kemacetan

Kediri(adakitanews.com)—Polres Kediri menggelar apel Operasi Ketupat Semeru 2022 di halaman Mapolres Kediri, Jumat pagi (22/4/2022).

Operasi Ketupat Semeru ini sebagai bentuk untuk memberikan pelayanan dan keamanan kepada masyarakat yang mudik lebaran.

Apel operasi Ketupat Semeru ini diikuti personel Polres Kediri, Kodim 0809, Polisi Militer, Senkom, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri.

Waka Polres Kediri Kompol Hendry Ibnu Indarto mengatakan, sebanyak 191 personel bersama petugas gabungan lainnya akan memberikan pelayanan dan keamanan kepada masyarakat selama lebaran.

Operasi ketupat semeru tahun ini dimulai pada Jumat (22/4/2022) hingga Senin (9/5/2022). Kemudian, pemerintah juga memberikan kebijakan pelonggaran kepada masyarakat yang melaksanakan mudik sehingga petugas akan memberikan pelayanan semaksimal mungkin.

“Memang setelah 2 tahun yang lalu pemerintah melarang masyarakat untuk mudik. Tetapi untuk saat ini sudah ada pelonggaran sehingga arus lalu lintas diprediksi akan padat,”ucap Kompol Hendry Ibnu, saat ditemui awak media usai memimpin apel gelar pasukan operasi Ketupat Semeru 2022.

Dengan adanya pelonggaran dari pemerintah, lanjutnya, petugas akan melakukan antisipasi kepadatan arus lalu lintas kendaraan yang dimulai saat ini dengan melaksanakan operasi ketupat semeru.

Kompol Hendry Ibnu, mengungkapkan, ada pemetaan Lokasi rawan kemacetan ataupun kelonjakan kendaraan di wilayah Simpang Tiga Mengkreng yang merupakan jalur mempertemukan tiga kabupaten yakni Kediri, Jombang, dan Nganjuk.

Oleh karena itu, Polres Kediri telah melakukan pola rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan.

“Kami mendirikan enam Pospam diantaranya Pospam Mengkreng, Papar, Plemahan, Kandangan, Badas, dan Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri, untuk mengantisipasi kemacetan,” tambahnya.

Selain itu, Kompol Hendry Ibnu menambahkan, lebaran tahun ini tidak ada penyekatan dari petugas seperti tahun sebelumnya. Namun, ada kebijakan mengenai masyarakat yang mudik harus sudah divaksin booster.

Karena itu, Polres Kediri telah membuka gerai vaksinasi di Mapolres Kediri dan akan menyiapkan vaksinasi di pos pelayanan yang ditentukan, sehingga masyarakat yang belum divaksin maka bisa datang langsung.

“Harapannya semoga masyarakat mudik tahun ini bisa berjalan dengan lancar, aman, dan tetap utamakan keselamatan dalam berkendara,” ungkapnya.(Gar).

Recommended For You