Operasi Patuh Semeru 2016 Fokus ke Roda Dua

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Operasi Patuh Semeru 2016 dalam rangka mewujudkan ketertiban dan keselamatan lalu lintas kembali digelar jajaran Polres Sidoarjo. Ops Patuh Semeru 2016 sengaja akan difokuskan pada kendaraan roda 2 (R2) yang selama ini dianggap kurang maksimal dalam mematuhi peraturan lalu lintas.

Kapolres Sidoarjo, AKBP Anwar Nasir mengatakan, Ops Patuh Semeru secara resmi akan mulai dilaksanakan pada Senin (16/05) hingga Minggu (29/05) mendatang. Selain untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan lalu lintas, kegiatan tersebut juga diharapkan bisa mengantisipasi kriminalitas sekaligus kemacetan lalu lintas.

AKBP Anwar menambahkan, fokus utama dalam kegiatan Ops Patuh Semeru 2016 sengaja diberikan kepada pengendara roda dua. Pasalnya selama ini, pengendara roda dua dianggap yang paling banyak melakukan tindak pelanggaran berlalu lintas. “Kegiatannya nanti melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor terutama kendaraan roda dua,” ujarnya, Senin (16/05) usai menggelar apel gelar pasukan dalam rangka persiapan Operasi Patuh Semeru 2016.

Sedikitnya ada 96 personel dari Polres Sidoarjo yang akan disebar ke beberapa titik lokasi. Tidak hanya itu, selain anggota Polres Sidoarjo, Ops Patuh Semeru 2016 juga melibatkan beberapa aparat gabungan, diantaranya TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo. “Pelaksanaan Ops Patuh Semeru 2016 akan melibatkan 96 personel sekaligus aparat gabungan dari TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo,” imbuhnya.

AKBP Anwar menjelaskan, sepanjang pelaksanaan kegiatan Ops Patuh Semeru 2016, nantinya tetap akan ada sanksi tegas bagi pengendara yang diketahui tidak mematuhi tata tertib lalu lintas. “Yang tidak memakai helm, tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraan tetap kami tilang. Tapi kalau bisa diperingatkan, akan kami peringatkan,” tegasnya.(*/kur)

Keterangan gambar: Apel gelar pasukan dalam rangka persiapan kegiatan Operasi Patuh Semeru 2016 di halaman Mapolres Sidoarjo.(ist)

Recommended For You