ADAKITANEWS, Blitar – Tim Sapu Bersih Punggutan Liar (Saber Pungli) Polres Blitar menciduk tiga penarik pungli yang beroperasi di pasar tumpah Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Satu diantaranya bahkan merupakan pegawai outsourching Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar.

“Ketiga pelaku yang kita amankan yakni Bibit Susanto, 53, warga Kampungtengah Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar, Edy Purnomo, 43, warga Tepas Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar, serta Juwito, warga Kecamatan Kesamben yang merupakan pegawai kontrak Dishub Kabupaten Blitar,” kata Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya, Rabu (01/03).

Dari ketiganya, turut diamankan BB (Barang Bukti) uang senilai Rp 1.548.000, yang diduga uang hasil pungli. Di hadapan penyidik, para tersangka mengaku pungutan dilakukan dengan dalih untuk menertibkan puluhan pedagang pasar tumpah dan sebagai uang kebersihan dan tidak disertai pemberian karcis. Aksi pungli tersebut sendiri diketahui sudah dilakukan sejak 2007 lalu, dengan nominal pungutan mencapai Rp 2.000 hingga Rp 5.000 per pedagang.

“Berdasarkan keterangan ketiga pelaku, uang hasil pungli digunakan dan mengalir ke sejumlah oknum perangkat desa. Dan saat ini kita masih melakukan pengembangan terkait hal tersebut,” tutur Kapolres Blitar.

Saat ini tiga pelaku tersebut sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Polres Blitar. Polisi juga masih mendalami keterkaitan oknum perangkat desa yang terlibat dalam aksi Pungli tersebut.

AKBP Slamet Waloya menambahkan, berdasarkan pengakuan ketiganya, uang pungutan tersebut setiap bulannya digunakan untuk honor bulanan pelaku, yang masing-masing mendapatkan jatah antara Rp 600 ribu hingga Rp 700 ribu. Tak hanya itu, ada juga jatah untuk ketua RT sebesar Rp 70 ribu per bulan, untuk oknum purna Satpol PP Rp 250 ribu per bulan, dan setoran untuk direktur Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) sebesar Rp 900 ribu per bulan. Sementara sisanya sebesar Rp 1 juta digunakan untuk kebutuhan tak terduga.

“Kita sedang mendalami, apakah ada oknum perangkat desa yang terlibat terkait dengan pungli tersebut, ” imbuhnya.(blt1)

Keterangan gambar: TERTANGKAP BASAH – Tersangka Pungli Pasar Tumpah Kesamben (dok. Polres Blitar)