ADAKITANEWS, Sidoarjo – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya menggerebek ‎ home industry jamu tak layak konsumsi yang ada di Desa Singopadu Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo, Kamis (22/03).

Penggerebekan yang didampingi anggota Polresta Sidoarjo pada malam hari tersebut merupakan tindak lanjut BPOM Surabaya berdasarkan laporan konsumen. Dalam laporannya, konsumen mengaku setelah mengkonsumsi jamu tradisional cair tersebut, tubuhnya mengalami pembengkakan serta perutnya menjadi buncit.

“Berdasarkan laporan itu kami melakukan pengecekan dan pemantauan, setelah kami lakukan pemeriksaan di lab ternyata isi kandungan dalam jamu cair itu, sangat mengganggu kesehatan tubuh manusia dan tak layak untuk dikonsumsi,” ungkap Siti Aminah, Kepala BPOM Surabaya di lokasi penggerebekan.

Selain berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, jamu tersebut juga tidak memiliki izin edar sehingga tidak dapat dipastikan kemanjurannya. Hal itu, lanjut Aminah, karena bahan-bahan jamu yang dipakai mengandung zat berbahaya jenis kimia.

“Jamu-jamu ini bukan terbuat dari bahan herbal, tapi bahannya adalah campuran kimia yang dioplos kemudian dimasukkan ke dalam botol ukuran 1,5 liter untuk dijual ke sejumlah daerah,” terang Aminah.‎

Dalam hasil penggerebekan pabrik jamu rumahan di Desa Sigopadu Kecamatan Tulangan malam itu, sedikitnya ada puluhan jeriken dan sekitar 8.360 botol jamu dalam kemasan botol air mineral yang siap edar.

“Semuanya tidak layak untuk dikonsumsi dan barang bukti tersebut akan kami sita untuk dijadikan sebagai barang bukti. Sementara pemiliknya akan diamankan oleh pihak kepolisian guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tandasnya.(sid3)

Keterangan gambar : Petugas BPOM Surabaya didampingi anggota Polresta Sidoarjo menggerebek pabrik jamu racikan ilegal di wilayah Tulangan.(ist)‎

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/IMG-20180322-WA0007_edit-1024x575.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/IMG-20180322-WA0007_edit-150x150.jpgREDAKSIHukum Kriminaladakitanews,Berita,Bpom,jamu racik,sidoarjo
ADAKITANEWS, Sidoarjo - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya menggerebek ‎ home industry jamu tak layak konsumsi yang ada di Desa Singopadu Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo, Kamis (22/03). Penggerebekan yang didampingi anggota Polresta Sidoarjo pada malam hari tersebut merupakan tindak lanjut BPOM Surabaya berdasarkan laporan konsumen. Dalam laporannya, konsumen...