Kediri(adakitanews.com)—Lapas Kediri kembali menerima kiriman paket misterius berisi barang terlarang, Rabu (29/4/2021). Peristiwa itu diketahui oleh penjaga Lapas pada saat melakukan patroli di sekitaran Lapas.

Paket yang dibungkus plastik hitam itu nyangkut dan ditemukan petugas di pagar sisi barat lapas. “Petugas kami melihat dua bungkusan mencurigakan berwarna hitam yang tergantung pada kawat duri tembok keliling sisi barat,” ujar Kalapas Kediri Asih Widodo.

Staf pengamanan tersebut melaporkan kejadiannya kepada Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Sastra dan langsung melakukan pemeriksaan area branggang. Petugas melakukan pengambilan barang tersebut dengan menggunakan galah bambu. “Dua bungkusan itu diamankan di ruang Kepala KPLP,” lanjut Asih.

Petugas lalu membuka bungkusan tersebut disaksikan oleh Kasubsi Keamanan, Karupam C, staf KPLP dan staf Kamtib. Didalamnya terdapat satu paket kristal putih yang diduga narkotika jenis sabu dengan berat berikut plastik pembungkus sebesar 4,60 gram.

Selain itu, ada juga 2 tablet pil yang diduga berjenis ekstasi berlogo palu-arit. Juga dua unit handphone lengkap dengan headset. “Kami juga menemukan dua pipet kaca yang diduga untuk pesta narkoba,” tutur Asih.

Temuan tersebut langsung dilaporkan kepada pihak kepolisian untuk proses lebih lanjut. Serah-terima barang temuan dari pihak Lapas Kediri kepada pihak Satnarkoba Polres Kediri kota untuk dilakukan penyelidikan.

Atas penemuan tersebut, Kakanwil Krismono memberikan apresiasi. Dan meminta jajarannya untuk selalu waspada. Dan mensukseskan target zero halinar (handphone, pungli dan narkotika) di dalam lapas/ rutan.

Sekaligus membuktikan bahwa Lapas Kediri memang layak mendapatkan penghargaan dari Menkumham terkait upaya penggagalan masuknya narkotika ke dalam lapas yang diberikan saat puncak peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan 27 April 2021 lalu.

“Terima kasih atas dedikasi dan komitmen yang tinggi dari petugas,” sanjungnya. (Gar).