ADAKITANEWS, Jombang – Banyaknya jumlah pengangguran menjadi salah satu alasan pemerintah daerah terus membuat kebijakan-kebijakan untuk menguranginya. Salah satunya Pemerintah Kabupaten Jombang yang mengadakan acara pameran tenaga kerja atau Job Fair, di Gedung Olah Raga (GOR) Merdeka Jombang, Rabu (29/03) . Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko berharap, acara tersebut bisa memberi solusi terkait jumlah pengangguran yang ada di wilayahnya.

Acara yang diadakan hingga Kamis (30/03) tersebut diikuti oleh 46 perusahaan yang berasal dari dalam dan luar Kabupaten Jombang. Selain membuka acara, Bupati Jombang juga mengukuhkan Forum Bursa Tenaga Kerja yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Ir Heru Widjajanto, Msi.

Dalam sambutannya Bupati Jombang menjelaskan bahwa pameran tenaga kerja ini dilaksanakan tidak hanya satu kali. “Tujuannya agar lebih bisa menurunkan angka pengangguran yang ada di Jombang,” ujar Bupati yang juga menerangkan bahwa angka pengangguran di Jombang setiap tahun semakin menurun.

Dari laporan dan evaluasi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jombang disebutkan, tahun 2015 angka pengangguran mencapai 42.065 jiwa atau 6,11 persen. Angka tersebut menurun di tahun 2016 dengan jumlah 39.850 jiwa atau 4,37 persen.

“Sebagai komitmen Pemerintah Daerah untuk menyejahterakan rakyat Jombang, Alhamdulillah tingkat pengangguran setiap tahun di Jombang semakin menurun,” jelas Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko.(jb2)

Keterangan gambar: Pembukaan pameran tenaga kerja.(foto: adi rosul)