PAN Siapkan Skenario Politik Jika Tak Digandeng Petahana

717

ADAKITANEWS, Jombang – Seluruh partai koalisi yang ada di tubuh petahana saling berebut untuk mendapatkan peluang menjadi calon Wakil Bupati Jombang pada putaran pilkada 2018 mendatang. Meski rekomendasi belum turun, masing-masing partai politik sudah mempersiapkan skenario untuk mengantisipasi jika tidak dipilih menjadi pendamping dari calon petahana.

Untuk diketahui, Golkar selaku partai petahana telah memiliki sejumlah partai koalisi yang akan mendukung Nyono Suharli Wihandoko untuk kembali maju dalam pemilihan kepala daerah Kabupaten Jombang. Partai koalisi tersebut antara lain, PDI Perjuangan, PKB dan PAN.

Salah satu partai koalisi, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan telah memiliki skenario bila figur yang ditawarkan ke petahana tidak dipilih untuk mendampingi Nyono Suharli Wihandoko di pilkada tahun depan, hal tersebut disampaikan oleh Dewan Penasehat DPD PAN Kabupaten Jombang, Senin (16/10). “Kalau misalkan digandeng ya jadi kawan, kalau tidak ya jadi lawan,” tegas Ali Fikri.

Menurut Ali Fikri bahwa DPD PAN telah melakukan komunikasi di internal partai terkait pembahasan sikap politik untuk pilkada 2018. “Sebagai partai dan politisi, segala kemungkinan harus kita persiapkan. Kami sudah persiapkan skeanrio mulai dari A hingga Z,” ungkap Ali Fikri yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Jombang.

Sementara itu, Ia juga mengatakan bahwa adanya kemungkinan PAN untuk berkoalisi dengan partai selain Golkar. Hal tersebut, kata Ali Fikri dikarenakan situasi politik di Jombang masih sangat cair dengan belum adanya rekomendasi yang turun dari setiap partai.

“Situasi politik di Jombang masih sangat cair, jadi banyak kemungkinan-kemungkinan. Banyaknya partai politik di Jombang, bukan kemudian kami menutup diri dari komunikasi politik ke semua partai,” tutur Ali Fikri.

Selain itu, PAN juga menyiapkan skenario terhadap sikap politik jika nantinya memang sosok figur yang ditawarkan oleh PAN tidak diterima oleh petahana. “Kita sudah siapkan untuk antisipasi hal tersebut, jika yang diprioritaskan tidak dipilih ya kita geser. Kita sudah komunikasikan itu semua. Kita tunggu keputusannya nanti,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Ali Fikri saat diwawancarai Tim Adakitanews.com.(foto:adi rosul)