AdaKitaNews Hukum Kriminal Pangdam V Brawijaya; Sulit Evakuasi Korban Gunung Lawu Melalui Udara

Pangdam V Brawijaya; Sulit Evakuasi Korban Gunung Lawu Melalui Udara

2015-10-21_21.31.46ADAKITANEWS, Kota Kediri – Proses evakuasi pada korban kebakaran di kawasan Gunung Lawu melalui udara dinilai Pangdam V Brawijaya tidak bakal dilakukan oleh TNI Angkatan Udara. Hal itu terjadi, karena Gunung Lawu yang ada di Kabupaten Magetan banyak memiliki tebing-tebing serta pohon-pohon yang menjulang tinggi.

Kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Lawu dan mengkibatkan 9 pendaki tewas serta 50 pendaki lainnya masih terjebak didalam Gunung. Tragedi inil, membuat keprihatinan tersendiri bagi para aparatur pemerintah, khususnya TNI, Polri dan sejumlah aktivis lainnya untuk melakukan evakuasi kepada para pendaki yang menjadi korban maupun masih terjebak dalam kepulan asap akibat perapian yang ditinggal pendaki tanpa mematikan terlebih dahulu.

“Kami sangat prihatin dengan kejadian(kebakaran-red) yang terjadi di kawasan Gunung Lawu akibat perapian yang ditinggal pergi oleh pendaki,”ungkap Mayor Jendral TNI Sumardi Pangdam V Brawijaya, Rabu(21/10)

Menurut Pangdam V Brawijaya Mayor Jendral TNI Sumardi, untuk proses pemadaman api akibat dari perapian sekaligus evakuasi pada korban kebakaran, tidak mungkin dilakukan TNI AU melalui udara. Mengingat Kawasan Gunung Lawu banyak memiliki tebing dan pohon-pohon yang tinggi sehingga mempersulit proses anggota TNI untuk melakukan evakuasi.”Pemadaman melalui udara sangat sulit, untuk mempermudah proses evakuasi iya salah satunya harus menyusuri kawasan Gunung Lawu dan membawa tandu untuk memikul para korban,”jelasnya.

Diakuinya, dari pengalaman pribadi mendaki dan menyusuri kawasan Gunung Lawu, Pangdam V Brawijaya Mayor Jendral TNI Sumardi berkenyakinan jalur pendakian masih tetap ada dan tidak ada perubahan. Karena jalur yang dibuat,tambahnya, selain mempermudah para pendaki juga diharapkan mampu mempercepat pendaki untuk sampai pada puncak yang diinginkan.

“Semua jalur masih tetap ada dan tidak ada perubahan,” tutup Pangdam V Brawijaya Mayor Jendral TNI Sumardi.(blot)

Keterangan Gambar : Pangdam V Brawijaya Mayor Jendral TNI Sumardi memberikan keterangan kepada sejumlah media di Hotel Grand Surya Kota Kediri