ADAKITANEWS, Blitar – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar sebagai lanjutan atas paripurna pekan lalu digelar hari ini, Senin (05/02) siang.

Agenda Rapat Paripurna kali ini adalah penyampaian jawaban Bupati Blitar atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar, atas 3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Jumat (02/02) lalu. Setelah sebelumnya pada Kamis (01/02) lalu Bupati Blitar telah menyampaikan 3 Raperda usulan eksekutif, diantaranya tentang Penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat, Izin Usaha Peternakan dan Kesehatan Hewan, serta Retribusi Jasa Usaha.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto mengatakan, proses 3 Raperda ini sudah pada tahapan jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Blitar. Tiga pansus sudah dibacakan surat keputusannya dan telah menunjuk siapa saja pimpinan serta anggota pansusnya.

Saat ini masing-masing pansus sedang menyiapkan rapat masing-masing. Artinya sesuai mekanisme, tahapannya sudah terpenuhi. “Untuk Pansus I membahas tentang retribusi jasa usaha yang diketuai oleh Abdul Munib dari fraksi PKB, Pansus II tentang Izin Usaha Peternakan dan Kesehatan Hewan yang diketuai oleh Mehdi Wibawa, dan Pansus III membahas tentang Penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat yang diketuai oleh Endar Soeparno dari fraksi PDI Perjuangan,” jelas Suwito, Senin (05/02).

Lebih lanjut Suwito menjelaskan, dalam penyelesaian pembahasan Raperda untuk masing-masing pansus diberikan waktu yang berbeda, melihat pasal-pasal dan ruang lingkup masalahnya. Namun menurutnya hal itu tidak akan mengganggu kegiatan lain asalkan penyelesaiannya tepat waktu.

“Kalau anggota pansus I berjumlah 16, pansus II 14, dan pansus III 15. Semua anggota masuk kecuali pimpinan, jadi diharapkan semua pansus bisa fokus. Untuk pansus I kita beri waktu sampai pertengahan bulan ini, sedangkan pansus II dan III sampai pertengahan Maret,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Blitar, Drs Rijanto mengatakan, pandangan umum fraksi DPRD pekan lalu menjadi tambahan bahasan dalam merencanakan Raperda yang akan dibahas ini. Namun intinya, semua fraksi mendukungnya. Dan untuk tambahan masukan nanti akan ditindaklanjuti pada rapat-rapat yang digelar oleh pansus yang dibentuk oleh dewan.

“Tentu Pansus akan bekerja dengan ekskutif dan stealkholder lain. Sehingga target-target yang diberikan bisa terlaksana sesuai harapan. Prinsipnya ini bagian dari pelayanan kepada masyarakat, termasuk upaya Pemerintah untuk menggali PAD,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana paripurna jawaban Bupati Blitar atas pandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)