ADAKITANEWS, Blitar – Penyampaian laporan Pansus LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban) DPRD Kabupaten Blitar terhadap Laporan Pertanggung Jawaban Bupati Blitar Tahun 2016 berlangsung dalam Rapat Paripurna Kamis (27/04).

Ketua Pansus LKPJ DPRD Kabupaten Blitar, Susi Narulita mengatakan, LKPJ ini mengacu pada PP nomor 3 tahun 2007 dimana pada LKPJ ini ada 3 urusan yang menjadi panduan Pansus. Diantaranya penyelenggaraan tentang desentralisasi, penyelenggaraan urusan bantuan, dan tugas umum pemerintahan.

“Kita sudah bekerja sesuai PP. Dari ketiga urusan tersebut harus meliputi aspek kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum, dan daya saing daerah. Selain itu kami juga menyoroti serapan anggaran masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” kata Susi saat ditemuai pasca Rapat Paripurna, Kamis (27/04).

Menurut Susi, jika serapan anggaran oleh OPD dibawah 70 persen, maka pihaknya berkewajiban memberikan rekomendasi.

Susi mengaku memang masih ada beberapa SKPD yang serapannya dibawah 70 persen. Namun ia enggan menyebutkan SKPD mana saja. “Memang masih ada SKPD yang serapannya dibawah 70 persen. Tapi kita sudah berikan masukan kepada mereka untuk meningkatkan kinerjanya kembali. Agar visi misi Bupati dan Wakil Bupati bisa terealisasi sesuai harapan,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, masukan dari Pansus LKPJ akan menjadi perhatiannya untuk menjadikan Kabupaten Blitar lebih baik. Ia pun optomis, jika masukan dari Pansus bisa dilaksanakan, maka otomatis visi misi Bupati dan Wakil Bupati Blitar akan terealisasi sesuai harapan. “Kinerja kita akan menjadi lebih baik lagi, baik dari sisi Pemerintah Daerah, tugas pembantuan, maupun pada potensi daerah yang sudah dipetakan dengan baik,” ungkap Bupati, Kamis (27/04).

Menurut Bupati, masalah yang perlu segera diselesaikan adalah berkaitan dengan bencana alam yang sering terjadi. “Tentunya ini juga menjadi perhatian utama kita. Karena di daerah kita memang rawan adanya bencana alam seperti longsor maupun banjir,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana Paripurna Penyampaian Pansus LKPJ DPRD Kabupaten Blitar Terhadap Laporan Pertanggung Jawaban Bupati Blitar Tahun 2016.(foto : fathan)