ADAKITANEWS, Sidoarjo – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, SMP Islam Wali Songo Sidoarjo (ISWADA) menggelar berbagai rangkaian kegiatan sejak Kamis (10/11) lalu. Salah satunya dengan parade bertema, ”Jadikan Pahlawan sebagai Motivasi untuk Meraih Cita-cita”.

Parade diawali dengan upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman SMP ISWADA, di Jalan Pahlawan Sidoarjo, kemudian berkeliling sesuai rute yang sudah ditentukan dan kembali ke sekolah. Untuk memeriahkan peringatan Hari Pahlawan kali itu, seluruh peserta sengaja memakai kostum pejuang dan baju dari daur ulang. Tak hanya itu, parade juga semakin meriah dengan adanya iring-iringan musik patrol yang dimainkan oleh sebagian siswa.

”Kegiatan ini diadakan agar masyarakat Sidoarjo mengetahui bahwa SMP ISWADA peduli dan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yg bermanfaat,” ungkap Waka Kesiswaan SMP ISWADA, Zuhro Mukhlisa S Pd, Jumat (11/11)

Sementara itu, salah satu guru agama SMP ISWADA, Nur Mohammad Solichudin menambahkan, rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan juga merupakan upaya mengingatkan peran kaum santri dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

”Pertempuran 10 November 1945, yang saat kini diperingati sebagai Hari Pahlawan merupakan jihad fi sabilillah dari kaum santri sebagaimana dimaklumatkan KH Hasyim Asy’ari melalui resolusi jihad NU 22 oktober 1945,” kata Soleh, panggilan akrab Nur Muhammad Solichudin ini.

Selain pawai, kegiatan peringatan Hari Pahlawan juga dimeriahkan dengan drama kolosal yang mengambil lakon Perjuangan Bung Tomo. Tak ketinggalan, tahlil bersama oleh ratusan siswa-siswi SMP ISWADA di Taman Makam Pahlawan Sidoarjo juga menjadi bagian dari acara tahunan tersebut.(kur)

Keterangan gambar: Peringatan Hari Pahlawan di SMP ISWADA.(dok. SMP ISWADA)