Paramitha Rusady Duta Lansia

paramitha-rusady

ADAKITANEWS, Jakarta – Paramitha Rusady aktris ibu kota menjadi duta lansia untuk meningkatkan akses dan kualitas hidup lansia. Hal ini terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang dilakukan Pemerintah Indonesia.

Aktris senior yang memiliki nama lengkap Pradnya Paramitha Chandra Devy Rusady ini diangkat menjadi duta lansia oleh Pemerintah Republik Indonesia. Pemain film, presenter dan juga penyanyi ini mengatakan lansia harus menjadi panutan dan juga inspirasi kaum muda. “Sebagai Duta Lansia saya ingin para lansia dapat memberikan inspirasi dan aspirasi sekaligus menjadi panutan bagi generasi muda,” kata aktris senior kelahiran Makassar 1966 itu.

Paramitha menceritakan kisahnya ketika berada di Bali melihat para lansia yang masih aktif mempelajari budaya-budaya serta mengajarkannya kepada pemuda penerus bangsa. “Hal itu membuat saya betapa berharganya lansia di mata saya, karena lansia mempunyai rekaman kehidupan, dimana kita bisa bertanya banyak hal,” ujar Paramitha Rusady.

Lebih lanjut Paramitha menuturkan, bagi negara berkembang seperti Indonesia, penuaan penduduk ini memunculkan tantangan yang sangat kompleks dibanding negara maju. “Peduli Lansia dan Lansia Peduli adalah public awarness yang ingin saya sampaikan ke masyarakat umum. Menjadi golden lansia dimana dapat menikmati hidup tanpa perlu bekerja keras lagi, dan dapat memberikan sumbangsih bagi banyak orang,” jelasnya

Paramitha meyakini Indonesia mampu mengelola sumber daya untuk menangani para lansia. “Apakah Indonesia akan mampu mengelola sumber daya untuk menangani penduduk lansia yang berkembang pesat dengan inovatif dan integratif. Tentu hal tersebut merupakan tugas bersama semua komponen bangsa,” pungkasnya. (FL)

foto: dok.pribadi

Recommended For You