ADAKITANEWS, Tulungagung – Setelah PDI Perjuangan memberikan rekomendasi kepada pasangan petahana Syahri Mulyo – Maryoto Birowo (Sahto), giliran Partai Nasdem turut menjatuhkan pilihannya untuk mengusung pasangan yang sama.

Ketua DPD Partai Nasdem Tulungagung, Ahmad Djadi mengatakan, dukungan yang diberikan kepada pasangan Sahto ini sudah melalui sejumlah tahapan di internal partai. “Di internal partai kita sudah melakukan survei baik itu elektabilitas, popularitas dan keberhasilan dari calon yang akan kita usung,” kata Ahmad Djadi saat menyerahkan rekomendasi sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung kepada Syahri Mulyo dan Maryoto Birowo, Kamis (04/01) malam.

Lanjut Djadi, Partai Nasdem menilai selama memerintah dalam lima tahun ini, incumbent dinilai berhasil. Karena itu akhirnya partainya menjatuhkan pilihan ke pasangan petahana.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Syahri Mulyo mengatakan sebenarnya antara dirinya dengan Partai Nasdem sudah lama ada pembicaraan secara intens.

“Kami dengan Partai Nasdem sejak beberapa bulan sudah menjalin komunikasi. Hanya saja hal ini tidak kita ekspos, karena semua itu perlu proses, dan baru hari ini rekomendasi itu diserahkan, meski sudah ditandatangani sejak 14 Desember 2017 lalu,” kata Syahri Mulyo.

Bahkan menjelang pendaftaran, Syahri masih berharap akan ada partai lain yang bergabung mengusung dia dan Maryoto. Meski dia sudah mendapat rekomendasi dari PDI Perjuangan, dan itu sebenarnya sudah bisa untuk mendaftar, tapi Syahri menyatakan masih butuh kerjasama dengan partai lain.

“Kita berharap ada partai yang berbasis Islam bisa bergabung, kita masih melakukan pembicaraan. Tunggu dua atau tiga hari lagi,” ujarnya.

Optimisme Sahto melenggang pada Pilkada 2018 ini juga dilandaskan pada hasil survei yang dilakukan pada September 2017 lalu sebelum rekomendasi dari PDI Perjuangan turun. Hasilnya 80 persen responden menyatakan puas atas kinerja pemerintahan Sahto. Sedangkan yang menginginkan Syahri untuk menjabat lagi sebesar 60 persen lebih.(bac)

Keterangan gambar : Pengurus DPC Partai Nasdem menyerahkan rekomendasi pencalonan Syahri Mulyo – Maryoto Birowo.(foto : acta cahyono)