ADAKITANEWS, Tulungagung – Dari tiga indikator yang menjadi acuan KPU Tulungagung dalam melakukan verifikasi Partai Politik, DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Tulungagung dinyatakan lolos dan memenuhi persyaratan untuk menjadi peserta Pemilu 2019 mendatang.

“Dari tiga indikator yakni kepengurusan, keterlibatan perempuan sebesar 30 persen dan kantor partai, setelah kita lakukan verifikasi, semua telah dipenuhi DPD Partai Nasdem Tulungagung. Berdasarkan hal tersebut, maka Partai Nasdem dinyatakan lolos,” kata Komisioner KPU Tulungagung, Agus Safei usai melakukan verifikasi parpol di kantor DPD Partai Nasdem Tulungagung, Selasa (30/01).

Lanjut Agus Safei, KPU Tulungagung dalam verifikasi tersebut, DPD Partai Nasdem mengajukan sampling sebanyak 73 anggota, atau lebih dari 5 persen dari total anggota sesuai yang dipersyaratkan. Dan setelah dilakukan pemeriksaan, kesemuanya dinyatakan memenuhi syarat.

Sementara untuk syarat minimal 30 persen keterlibatan perempuan, keterwakilan perempuan di kepengurusan DPD Partai Nasdem Tulungagung yang terdiri dari 18 orang ini diwakili oleh sebanyak 6 orang perempuan atau sebesar 33 persen.

Menurut Ketua DPD Partai Nasdem Tulungagung, Achmad Djadi menginformasikan bahwa saat ini anggota Partai Nasdem Tulungagung sendiri tercatat sebanyak 1.217 anggota. Anggota tersebut tersebar di 10 kecamatan, atau lebih dari 50 persen dari 19 kecamatan yang ada di Tulungagung.

Selain melakukan verifikasi di kantor DPD Partai Nasdem, KPU Tulungagung juga menjadwalkan melakukan verifikasi terhadap lima partai lain yakni PKS, Partai Gerindra, Partai Hanura, PAN dan Partai Demokrat.(bac)

Keterangan gambar : KPU Tulungagung lakukan verifikasi Partai Nasdem.(foto : acta cahyono)