ADAKITANEWS, Tulungagung – Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo – Maryoto Birowo (Sahto) menyerahkan kelengkapan berkas ke KPU Tulungagung, Rabu (10/01).

Berkas yang diserahkan itu meliputi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dikeluarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan surat keterangan bebas tanggungan utang dari Pengadilan Negeri setempat.

Sebelumnya saat pasangan petahana ini mendaftar pada Senin (08/01) lalu, bekas-berkas tersebut belum disertakan, sehingga harus disusulkan. “Hari ini kekurangan berkas pendaftaran, yakni surat LHKPN dan surat keterangan tidak mempunyai tanggungan utang telah kami serahkan untuk melengkapi kekurangan berkas terdahulu. Ini sesuai ketentuan persyaratan KPU,” kata bakal calon Bupati, Syahri Mulyo usai penyerahan berkas.

Syahri memastikan seluruh persyaratan telah dilengkapi. Dan saat ini, pihaknya tinggal menunggu hasil verifikasi faktual yang dilakukan pihak KPU.

Hingga saat ini, Syahri Mulyo optimistis mendapat dukungan mayoritas masyarakat Tulungagung. Hal tersebut mengacu hasil survei yang sudah pernah dilakukan PDI Perjuangan pada pertengahan Agustus-September 2017. Hasilnya pasangan petahana ini masih mendapat mayoritas dukungan untuk kembali maju dalam Pilkada 2018.

“Kami akan melakukan survei lagi setelah ada penetapan dari KPU. Karena sudah ada nama pasangan,” ujar Syahri.

Sementara itu Ketua KPU Tulungagung, Suprihno mengatakan berkas persyaratan untuk pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati secara umum sudah dilengkapi oleh pasangan Sahto. Hanya saja masih diwajibkan lagi menyerahkan daftar susunan tim kampanye. Sedangkan untuk verifikasi faktual, baru akan dilaksanakan pada 16 Januari mendatang.

“Masih ada satu lagi yang harus disusulkan, yaitu susunan tim kampanye yang harus disempurnakan, karena itu menyangkut kelengkapan,” kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno.

Pasangan Sahto ini diusung oleh PDI Perjuangan bersama Partai Nasional Demokrat yang masing-masing memiliki 12 kursi dan 1 kursi di DPRD Tulungagung. Belum ada partai tambahan masuk dalam koalisi mereka. Namun sejumlah partai politik yang baru atau calon peserta Pemilu 2019 diklaim masuk dalam partai pendukungnya. (bac)

Keterangan gambar : Syahri Mulyo – Maryoto Birowo, saat menyerahkan kelengkapan berkas di KPU Tulungagung.(foto : acta cahyono)