width=

img-20161025-wa0030ADAKITANEWS, Kota Kediri – Pasar Grosir yang berada di Kelurahan Ngronggo kemungkinan bisa beralih fungsinya sebagai pasar eceran. Pasalnya, saat ini sudah banyak pedagang eceran yang juga berjualan didalam pasar tersebut.

Kepada Tim Adakitanews.com, Selasa (25/10) Saiful salah satu pedagang grosir mengatakan pendapatannya mengalami penurunan drastis semenjak dua tahun terakhir ini. Dia beranggapan penurunan ini disebabkan adanya bangunan baru di pasar grosir yang digunakan untuk menjual sayur eceran.

“Saya yang pengguna kios di pasar ini pendapatan mengalami penurunan banyak mas. Semenjak adanya bangunan baru di pinggir-pinggir itu yang mereka menjualnya eceran seperti pasar biasa mas” ungkap pedagang grosir dari Blitar ini.

Saiful juga mengeluhkan pihak pengelola pasar yang seakan tidak mau tahu dengan yang terjadi di dalam pasar. Dia menganggap penjual eceran itu justru mendapat fasilitas dari pihak pengelola. Kondisi ini berbeda dengan yang Ia dan pedagang grosir lainnya alami. Pasalnya, selain harus menyewa kios pedagang grosir juga harus membayar karcis untuk keamanan.

“Mereka (pedagang eceran,red) enak mas hanya membayar karcis saja. Lah kami masih harus bayar pajak sewa sama bayar karcis juga. Kalau seperti ini terus saya lebih baik milih jualan eceran saja, dapat fasilitas yang lebih baik,” ujarnya

Saiful mengatakan, jika terus dibiarkan seperti ini fungsi pasar grosir yang menjadi pusat pasar sayuran di Kota Kediri bisa berganti. Bahkan, Saiful mengungkapkan, kondisi ini jika dibiarkan kemungkinan besar pasar grosir Ngronggo akan mati.

“Lama-lama Pasar Grosir Ngroggo seperti yang ada di Srengat Blitar mas, karena kasusnya juga seperti ini. Dari masalah itu akhirnya banyak yang jualan diluar menjual dengan eceran sedangkan didalam grosirnya mati,” ujarnya.

Pantauan tim Adakitanews.com, sejumlah pedagang eceran mendapat tempat dipinggir bagian dalam pasar grosir. Mereka menempati bangunan seadanya yang dibuat menggunakan bambu dan beratapkan terpal. Sementara, pedagang grosir menempati bagian tengah pasar dengan bangunan kios yang sudah mereka sewa dari pihak pengelola pasar.(Ich/Zay)

 

Keterangan Gambar : Pedagang eceran yang berada di dalam pasar grosir Ngronggo Kota Kediri.(foto : Ichwan Kurnia)