Pasca Dilaunching, Jalur Khusus Sepeda Langsung Dijajal Walikota

626

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar bersama Kasubdit Audit dan Inspeksi Keselamatan Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub I, Ketut Suhartana, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Djoko Raharto, Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Kediri, Ferry Djatmiko dan para pesepeda, menjajal langsung jalur khusus sepeda pasca acara launching RASS (Rute Aman Selamat Sekolah) di depan SMP Negeri 1 Kota Kediri, Minggu (05/11) pagi.

Dalam kesempatannya, Walikota yang akrab disapa Mas Abu ini mengatakan bahwa angka kecelakaan kendaraan bermotor di Kota Kediri terbilang cukup tinggi dengan range usia adalah anak-anak usia SMP.

Hal itu, kata Mas Abu, akhirnya mendorong para orang dewasa, pemuda, bahkan komunitas di Kota Kediri untuk berinisiatif membuat gerakan-gerakan positif diantaranya dengan bersepeda di malam hari, yang dilaksanakan setiap akhir bulan dan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa dalam melakukan aktivitas sebaiknya menggunakan alat transportasi yang tidak berbahaya sekaligus menyehatkan, yakni sepeda.

“Di negara maju seperti Cina, Jepang, dan Belanda, sepeda merupakan gaya hidup. Maksudnya dalam melakukan aktivitas, orang-orang disana lebih suka bersepeda dan juga berjalan kaki selain untuk mengurangi kemacetan juga menyehatkan badan,” ujar Mas Abu.

Lebih lanjut ia menuturkan, adanya jalur sepeda di beberapa ruas jalan di Kota Kediri diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersepeda. Baik itu saat hendak ke kantor, sekolah, maupun aktivitas lainnya.

“Kedepan saya berharap, masyarakat lebih tahu bahwa jalan yang diberi warna hijau bergambar sepeda tersebut digunakan untuk bersepeda, kadang juga masih untuk parkir mobil. Kita terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat agar mengetahui dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas supaya kedepan jauh lebih bagus lagi,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Kediri, Ferry Djatmiko mengatakan, Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) merupakan kawasan tertib lalu lintas sebagai upaya dari Pemerintah Kota Kediri untuk mewujudkan budaya tertib berlalu lintas, dengan memprioritaskan pejalan kaki dan kendaraan tidak bermotor di kawasan pendidikan serta ruas jalan prioritas menuju kawasan pendidikan.

Program tersebut, kata Ferry, juga untuk mendorong siswa dan orang tua agar memilih menggunakan sepeda dan berjalan kaki, atau menggunakan angkutan umum dengan moda yang selamat, aman, nyaman, serta menyenangkan pada saat berangkat ataupun pulang dengan selamat.

Walikota bersama robongan, menjajal beberapa rute jalur sepeda diantaranya di Jalan Diponegoro, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Brawijaya, Jembatan Lama, Jalan KDP Slamet, Jalan Veteran, Jalan Kawi, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jembatan lama, hingga kembali ke Jalan Diponegoro.

Diketahui selain jalur sepeda, ada juga fasilitas keselamatan yang terkait dengan program Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) di Kota Kediri yaitu Zona Selamat Sekolah (ZoSS), yang merupakan jalur berwarna merah di depan sekolah dan dilengkapi dengan marka zebra cross dan tulisan “Zona Selamat Sekolah” serta dilengkapi alat bantu penyeberangan Pelican Crossing (menyalakan trafic light penyeberangan dan membunyikan sirine penyeberangan), Halte, Warning Light, Alat Pembatas Kecepatan (Pita Penggaduh), Marka berbiku-biku kuning (dilarang parkir pada jalan tersebut) dan rambu-rambu lalu lintas lainnya.(adv/dishub/kur)

Keterangan gambar: Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar bersama Kepala Dinas Perhubungan Kota Kediri, Ferry Djatmiko dan Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi mengendarai sepeda melintasi jalur khusus pesepeda.(ist)