ADAKITANEWS, Blitar – Memasuki hari kedua pasca libur lebaran tahun ini, Selasa (04/07) seluruh pegawai di lingkup Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar harus bekerja ekstra. Pasalnya, jumlah pemohon administrasi kependudukan (Adminduk) meningkat.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Eko Budi Winarso mengatakan, dari hari pertama atau pada Senin (03/07) kemarin, sudah terjadi peningkatan jumlah pemohon mencapai lebih dari 10 persen dari hari biasa atau sebelum lebaran. Menurutnya, jika sebelum lebaran jumlah pemohon adminduk rata-rata mencapai 600 pemohon, sementara hari ini jumlah pemohon antara 800-1000 pemohon.

“Mulai hari pertama masuk kerja kemarin jumlah pemohon adminduk membludak dan meningkat sepuluh persen lebih dari hari biasanya,” ungkapnya, Selasa (04/07).

Dijelaskannya, membludaknya jumlah pemohon pasca lebaran itu sudah diprediksi jauh hari sebelumnya. Sebab, saat lebaran warga yang bekerja ke luar kota atau ke luar negeri banyak yang pulang kampung. Dan kondisi tersebut dimanfaatkan warga yang pulang kampung untuk mengurus adminduk. “Peningkatan tersebut rata-rata didominasi warga yang bekerja di luar Kabupaten Blitar,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pemohon tersebut, lanjut Eko Budi, pihaknya sudah menyiapkan beberapa hal. Diantaranya mempersiapkan peralatan penunjang seperti jaringan dan komputerisasi satu hari sebelum masuk kerja. “Pada hari Minggu (02/07) lalu semua alat sudah kami cek untuk memastikan bahwa sudah siap digunakan,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga menambah jam operasional mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Menurutnya, sebagian besar pemohon yang datang ke kantornya rata-rata mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Selain itu juga mengurus perpanjangan Surat Keterangan (Suket) bagi warga yang belum mencetak e-KTP. “Ya karena keping e-KTP pendistribusiannya tersendat, maka banyak juga pemohon yang memperpanjang Suket,” tandas Eko.

Eko Budi memprediksi, melonjaknya jumlah pemohon adminduk akan terus berlangsung hingga beberapa hari kedepan. Sebab, sampai saat ini masih banyak warga yang bekerja ke luar daerah belum berangkat bekerja sebelum pengurusan adminduk rampung. “Sepanjang listrik PLN tidak padam, pelayanan akan kami lakukan secara maksimal,” paparnya.(blt2)

Keterangan gambar: Ratusan warga yang sedang mengurus adminduk.(foto : fathan)