ADAKITANEWS2015-09-17_15.58.29, Madiun – Tim Labfor Surabaya melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terbakarnya sejumlah kios di Pasar Nglames, milik Kelurahan Nglames, Kecamatan/Kabupaten Madiun, Rabu (16/9) siang lalu. Mereka bekerja selama satu jam lebih. Turut mendampingi Kapolsek Nglames AKP Muh Isnaini dan jajaran, Kamis (17/9).

“Kesimpulan sementara, sesuai keterangan Tim Labfor Cabang Surabaya, sumber kebakaran berasal dari kios yang dihuni Joni Katijo. Dari TKP kios Joni, Tim Labfor membawa sejumlah bekas kebakaran untuk dilakukan uji. Soal kapan hasil Labfor bisa diperoleh saya tidak tahu ? Tunggu saja, jika sudah, pasti dirilis,” ujar Kapolsek Nglames.

Ia menyatakan sesuai keterangan sejumlah saksi, Api pertama kali membesar dari kios dihuni Joni Katijo. Selanjutnya, api makin membesar dan mengarah ke arah barat akibat kencangnya hembusan angin. Total 5 kios terbakar dalam kejadian itu.  sedangkan 3 kios lain rusak sebagai dampak kebakaran dan upaya pencegahan agar kebakaran tidak merembet lebih luas. Kerugian materi akibat kebakaran ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Petugas Tim Labfor Cabang Surabaya tiba sekitar pukul 11.00 dan langsung menyelesaikan tugasnya hingga pukul 12.20. Selama melakukan olah TKP,  Tim Labfor mengubek 3 kios.  Hasi sementara oah TKP diyakini sumber kebakaran berasal dari kios yang dihuni Joni Katijo.

“Usai tim labfor bekerja dan dianggap cukup, selanjutnya garis polisi yang terpasang bisa dilepas. Bagi pemilik ingin yang ingin melakukan pembersihan dipersilahkan,” ujar AKP Muh Isnaini. Dilaporkan, Pasar Nglames terbakar  siang mulai pukul 13.00 saat banyak kios tutup atau tidak ada aktvitas perdagangan. Dugaan lain kebakaran terjadi akibat buruknya jaringan listrik di kios.

Begitu petugas Polsek Nglames mencopot garis polisi terpasang di sejumlah kios, para pemilik kios mulai mengais sisa-sisa kebakaran mencari barang yang mungkin masih dipakai.  (UK)

Keterangan Gambar : Tim Labfor Surabaya tengah melakukan olah TKP di lokasi kios yang dihuni Joni Katijo. Diduga sumber asal kebakaran berasal dari kios ini. Tampak, kesibukan Tim Labfor Surabaya di TKP.