ADAKITANEWS, Tulungagung – Kemunculan calon perseorangan atau calon independen dalam Pilkada Tulungagung mewarnai perhelatan pesta demokrasi yang akan digelar pada bulan Juni 2018 mendatang. Satu pasangan, mendatangi KPU setempat untuk menyerahkan berkas pencalonan pada hari terakhir menjelang pendaftaran ditutup.

Tepat pukul 22.15 WIB, dengan membawa puluhan pendukung dan didampingi Liaison Officer (LO) atau penghubung, pasangan Suparlan dan Suprayitno menyerahkan berkas dukungan berupa fotokopi KTP elektronik, Rabu (29/11). Pasangan yang memiliki latarbelakang pengusaha ini diterima oleh empat Komisioner KPU Tulungagung yang disaksikan Panwaslu setempat.

Tiga kotak besar berisi bendelan dokumen yang merupakan berkas dari 75 ribu warga Tulungagung yang mendukung pasangan tersebut diserahkan. “Sebanyak 75 ribu berkas dukungan tersebut berasal dari 271 kelurahan dan desa di 19 kecamatan, namun jumlahnya tidak sama antara satu desa dengan lainnya,” kata Suparlan.

Menurut pengakuan Suparlan, upaya memperoleh dukungan tersebut dibantu sejumlah relawan yang berada di masing-masing desa dan kelurahan.

Sementara Ketua KPU Tulungagung, Suprihno mengatakan sampai hari terakhir masa pendaftaran calon perseorangan, pihak KPU Tulungagung baru menerima berkas pencalonan dari pasangan Suparlan – Suprayitno.

“Saat ini kami masih melakukan verifikasi berkas dukungan. Setelah kita terima dari pasangan calon, kemudian kita lakukan verifikasi bersama-sama dengan tim dari calon dan disaksikan oleh Panwas,” kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno.

Karena kurang rapinya penyusunan berkas, membuat proses verifikasi menjadi lama. Sejak mulai dilakukan verifikasi pada Rabu (29/11) pukul 23.00 WIB, hingga memasuki hari Kamis (30/11) siang proses verifikasi belum tuntas.

Sesuai syarat dari KPU Tulungagung, jumlah bukti dukungan dari masyarakat yang harus diserahkan untuk calon perseorangan minimal sebanyak 63.752 jiwa. Dokumen tersebut juga harus dilampiri dengan fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan dari Dispendukcapil setempat.

Saat ini sejumlah nama meramaikan bursa calon. Diantaranya Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo bersama pasangannya yang saat ini masih menjabat Wakil Bupati, Maryoto Birowo, Suparlan yang berpasangan dengan Suprayitno yang maju lewat jalur perseorangan, serta Margiono yang mengklaim diusung oleh koalisi partai non PDI Perjuangan yang sampai saat ini belum menentukan pasangan wakil yang mendampinginya.(ta1)

Keterangan gambar : Pasangan calon perseorangan Suparlan – Suprayitno saat menyerahkan berkas pencalonan di KPU Tulungagung.(foto : acta cahyono)