Pastikan Aman Malam 1 Suro, Polres Kediri Lakukan Penyekatan

Kediri(adakitanews.com)—Untuk memastikan situasi aman dan kondusif pada malam 1 Suro, Polres Kediri akan melakukan penyekatan dibeberapa titik rawan pintunya keluar masuk wilayah Kabupaten Kediri.

Penyekatan itu dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Ditahun ini, sebagian masyarakat Kabupaten Kediri akan mengadakan kegiatan ritual malam 1 Suro. Mengingat ditahun sebelumnya hampir dua tahun kegiatan ritual 1 Suro ditiadakan karena dilanda pandemi Covid-19.

Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho S.I.K, menuturkan untuk kegiatan malam 1 Suro Polres Kediri akan melakukan pengamanan dan penyekatan.

“Dari pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya untuk kegiatan ritual malam 1 Suro diwilayah Kabupaten Kediri sangat aman. Meski demikian di tahun ini, kami dari Polres Kediri akan melakukan pengamanan dan penyekatan kegiatan malam 1 Suro,”tutur AKBP Agung S.I.K, Kamis (28/7/2022).

Sebagian masyarakat di Kabupaten Kediri akan mengadakan kegiatan ritual malam 1 Suro. Karena ritual malam 1 Suro merupakan salah satu budaya setiap tahunnya oleh masyarakat Kabupaten Kediri bagi yang melaksanakannya.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, Polres Kediri akan melibatkan dari Pemerintah Kabupaten Kediri bersama Kodim 0809 Kediri dan stakeholder. “Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Kediri agar aman dan kondusif,”kata Kapolres Kediri.

Diungkapkan Kapolres Kediri, untuk penyekatan akan dilakukan di beberapa titik pintu keluar masuk wilayah Kabupaten Kediri rawan terjadinya hal yang tidak diinginkan. Diantaranya, wilayah perbatasan di jalur Tulungagung, Blitar, Malang dan Nganjuk.

“Nantinya untuk yang berjaga di jalur perbatasan melibatkan juga dari Polsek dan Koramil serta stakeholder,”ungkap AKBP Agung S.I.K.

Untuk kegiatan malam 1 Suro, Kapolres Kediri bersama Waka Polres Kediri akan turun langsung melakukan patroli memantau kegiatan ke tempat dilaksanakannya ritual malam 1 Suro.

“Untuk diwilayah Kabupaten Kediri ada kegiatan ritual malam 1 Suro dan saya bersama Pak Waka akan turun langsung melakukan patroli memantau kegiatan tersebut,”jelas Kapolres Kediri.

Masih kata AKBP Agung, diimbau kepada masyarakat yang melaksanakan kegiatan ritual malam 1 Suro untuk mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya memakai masker.

“Saya berpesan untuk masyarakat Kabupaten Kediri yang melaksanakan kegiatan malam 1 Suro agar tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan mengarah ke kriminalitas. Sehingga kegiatan malam 1 Suro ini berjalan dengan aman dan kondusif,”pesannya.(Gar).

Recommended For You