ADAKITANEWS, Blitar – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) melakukan kunjungan ke Kabupaten Blitar untuk meninjau lokasi banjir di Kecamatan Sutojayan. Dalam agenda tersebut, dipastikan proyek normalisasi Sungai Sutojayan bakal mulai dilakukan tahun ini.

Anggota Komisi V DPR RI, Budi Yuwono mengatakan, pihaknya sudah lama memperhatikan masalah banjir yang selalu terjadi tiap tahun di daerah Ludoyo Kecamatan Sutojayan. “Kami sudah mengamati masalah banjir ini dari tahun lalu. Karena pihak Pemkab sendiri juga sudah mengajukan masalah banjir ini,” kata Budi saat diwawancara wartawan, Kamis (09/03).

Dengan berbagai upaya, lanjut Budi, tahun ini Pemerintah benar-benar berniat untuk menanganinya. Ia mengaku, upaya normalisasi nanti tidak bisa selesai dalam waktu satu tahun, dan akan dikerjakan secara bertahap. “Kepastian pengerjaan sudah ada, dan ini tinggal meninjau lokasinya untuk dilakukan pematokan batas. Sehingga setelah proses sekitar 4 bulan di Jakarta selesai, maka pengerjaannya pun bisa dimulai,” jelasnya.

Budi menambahkan, kunjungannya kali ini intinya hanya untuk meninjau kesiapannya. Karena semua anggarannya juga sudah disiapkan. “Anggarannya sudah siap semuanya. Tetapi yang lebih tahu jumlahnya adalah Dirjen Kementerian, karena saya tidak berhak memutuskannya,” imbuhnya.

Normalisasi ini, harap Budi, akan selesai 2 hingga 3 tahun lagi. “Ya harapannya 2 sampai 3 tahun lagi warga Sutojayan bisa bebas dari banjir,” harap Budi.

Sementara itu Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Brantas Provinsi Jawa Timur, M Amir Hamzah mengatakan, normalisasi sungai di Kecamatan Sutojayan pasti akan dilakukan tahun ini, dan dimulai sekitar bulan Agustus mendatang. “Kami sudah meninjau kesiapannya, diperkirakan bulan Agustus normalisasi sungai akan dilakukan,” katanya.

Keterangan gambar: Suasana kunjungan Komisi V DPR RI dan Kepala BBWS Brantas Jatim bersama Bupati Blitar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro.(foto : fathan)