Patroli Skala Besar di TPS Pilkades Temukan Kotak Suara Tanpa Segel Sebelum Pencoblosan

Kediri(adakitanews.com)—Polres Kediri bersama Pemerintah Daerah setempat menggelar patroli skala besar mengunjungi beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Kepada Desa (Pilkades), Selasa(6/12/2022).

Dalam patroli pengecekan TPS itu ditemukan ada satu kotak suara tanpa segel di Desa Sumberagung Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri sebelum dilaksanakan pencoblosan.

Satu kotak suara berisi logistik tanpa segel itu ditemukan Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho saat melakukan patrol TPS bersama Penjabat Sekretaris Kabupaten Kediri Adi Suwignyo.

Adapun kotak suara itu berada di antara tumpukan kotak suara di salah satu ruang TPS 1 di Desa Sumberagung Kecamatan Plosoklaten. Ada juga sebanyak enam kotak suara lain diketahui bersegel lengkap.

Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho mengatakan, dalam patroli petugas gabungan ini dibagi menjadi tiga kelompok untuk memastikan logistik, panitia dan kesiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di wilayah hukum Polres Kediri.

“Ini kami dorong di masing-masing balai desa untuk memastikan pengamanannya,”kata AKBP Agung.

Kapolres Kediri mengingatkan agar hal tersebut tak terulang karena akan memicu persoalan. Panitia diminta lebih berhati-hati dan bertanggung jawab terkait proses Pemilihan Kepala Desa ini.

“Kita melaksanakan pengecekan-pengecekan, supaya tidak ada kesalahan dari panitia. Supaya masyarakat bisa yakin tidak ada komplain terkait dengan panitia yang sudah dibentuk,” ungkap Kapolres Kediri.

Sementara itu, tidak ingin kegiatan Pilkades ada kecurangan, Kapolres Kediri juga langsung mengklarifikasi kepada panitia TPS. Mereka berdalih, mengambil banner di dalam kotak tersebut untuk dipasang di TPS utama yang berada jauh dari kantor desa.

“Tadi malam itu mengambil banner untuk kita pasang di TPS utama. Jadi bukan mengambil surat suara,” terang Sudarmaji, ketua panitia Pilkades Desa Sumberagung Kecamatan Plosoklaten.

Lebih lanjut, Sudarmaji menyebutkan, lokasinya TPS satu bukan berada di Balai Desa Sumberagung, melainkan ada dalam radiusnya 100 meter dari kantor balai desa.

Sedangkan, untuk calon kades ada sebanyak tiga orang yang akan berebut suara dengan total kurang lebih 6.992 pemilih. “Disini ada empat dusun dan total ada 17 TPS yang sudah disediakan,”jelasnya.

Sementara, petugas gabungan patroli skala besar juga menyampaikan kepada panitia Pilkades dan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pada saat pelaksanaan Pilkades Rabu (7/12/2022). Diantaranya memakai masker, mencuci tangan dan lain sebagainya. Mengingat Covid-19 masih ada.(Gar).

Recommended For You