width=

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Antara ajaran agama dan budaya lokal kerap sulit untuk dipadukan. Meski juga tak jarang keduanya menjadi perpaduan yang paling dapat diterima oleh masyarakat. Untuk mendiskusikan hal itu, PCNU Kabupaten Sidoarjo melalui Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (LESBUMI) menggelar seminar budaya bertajuk Strategi Syiar Islam Melalui Budaya di aula PCNU Sidoarjo, Sabtu (14/05).

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, H Sulamul Hadi Nurwaman, penulis sekaligus budayawan, Ilung Sufi Enha, serta organisasi pemuda dan masyarakat tersebut membahas berbagai persoalan yang sering muncul antara inti ajaran agama dengan budaya lokal yang ada.

Ilung, dalam dialog pertamanya mengatakan bahwa sejak era Walisongo, budaya lokal tidak pernah sekalipun ditinggalkan dalam perjalanan syiar Islam. Melalui pendekatan itu, Walisongo yang tetap bertitik pada nilai-nilai ajaran Islam secara benar, menyampaikannya melalui bahasa dakwah dengan menyerap budaya lokal masyarakat.

“Yang didahulukan adalah pendekatan akhlaknya. Kemudian perlahan masyarakat dibimbing menuju aqidah tauhid-nya, kemudian setelah benar-benar paham baru dituntun untuk menjalankan ajaran syariat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, H Sulamul Hadi Nurmawan mengakui, bahwa selama ini perjalanan dakwah NU tidak pernah lepas dari budaya. Oleh sebab itu, kemunculan budaya sebagai sarana untuk berdakwah jelas harus terus diupayakan. “Sejak dulu NU tidak pernah meninggalkan budaya. Melalui hal itu (budaya,red), ajaran Islam disampaikan dengan cara yang tepat hingga bisa diterima di masyarakat,” ujarnya.

Gus Wawan, sapaan akrab Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo menambahkan, selaku pihak legislatif, dirinya siap mendukung terus berkembangnya budaya di Sidoarjo. NU melalui wadah LESBUMI dan didukung banyak seniman serta budayawan diharapkan bisa memberikan banyak usulan. “Saya persilakan teman-teman untuk memberikan usulan,” imbuhnya.

Seperti diketahui, seminar budaya tersebut merupakan awal dari rangkaian kegiatan PCNU dalam rangka peringatan Hari Lahir NU ke-93 tahun 2016.(kur)

Keterangan gambar: (atas) Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo dalam seminar budaya “Strategi Syiar Islam melalui Budaya” di Aula PCNU Sidoarjo, Sabtu (14/05). Penulis sekaligus budayawan, Ilung Sufi Enha.(foto: kurniawan)