width=

Kediri(adakitanews.com)—Polres Kediri berhasil mengungkap kasus pembunuhan yang menewaskan seorang sopir taksi online, yang jasadnya dibuang di saluran irigasi persawahan Desa Sidomulyo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri.

Pelakunya, Himawan Eka Febrianto (25) warga Polorejo Desa/Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Pelaku pada saat diamankan melakukan perlawanan. Petugas terpaksa menembak dibagian kaki pelaku.

Penangkapan pelaku ini berawal petugas Resmob Satreskrim Polres Kediri melakukan serangkaian penyelidikan. Akhirnya petugas mencurigai salah seorang yang terakhir bertemu korban.

“Pelaku diamankan di sekitaran rumahnya. Pelaku sempat melakukan perlawanan dan akhirnya petugas melakukan tindakan tegas dan terukur,”tutur Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, Senin (1/2/2021).

Dari keterangan pelaku. Ia nekat melakukan pembunuhan terhadap Mohammad Kholis (31) warga Desa Weduro Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan, lantaran terlilit hutang. Pelaku mengaku mengabisi nyawa korban dengan menggunakan pisau dapur yang sebelumnya telah dipersiapkan.

“Pelaku sudah merencanakan sebelumnya. Pelaku memesan mobil yang kemudian menyuruh korban mengantarkan pelaku ke Kediri. Pada saat di wilayah Purwoasri Kabupaten Kediri pelaku melakukan aksinya,” terang AKBP Lukman.

Setelah berhasil membunuh korban. Pelaku membuang jasad korban di aliran irigasi persawahan Desa Sidomulyo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Pelaku kemudian membawa uang dan kendaraan milik korban.

“Pelaku ini sempat ke Pasuruan. Pelaku terancam dijerat pasal 380/ 340 serta 365 kuhp tentang pembunuhan berencana disertai pencurian dan kekerasan dengan ancaman maksimal seumur hidup,” tandasnya.(gar).