width=

ADAKITANEWS, Blitar – Lantaran masih dalam tahap uji coba, kantor baru Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) di Jalan Manukwari Kecamatan Kanigoro untuk sementara hanya bisa melayani Administrasi Data Kependudukan (Adminduk) dari 2 kecamatan saja.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Eko Budi Winarso mengatakan, pelayanan Adminduk di Kantor Dispendukcapil yang baru, sementara hanya warga dari Kecamatan Kanigoro dan Kecamatan Sutojayan. “Di tahap awal perpindahan kantor ini, sementara kami masih melayani pengurusan dokumen dari dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Kanigoro dan Sutojayan,” kata Eko saat dihubungi Tim Adakitanews.com melalui telepon, Jumat (10/03).

Selain masih dalam tahap uji coba, Eko mengaku pihaknya tidak bisa langsung memindahkan atau memusatkan pelayanan di kantor baru karena masih perlu banyak evaluasi termasuk berjalannya sistem dan server.

“Ini kan masih baru, jadi perlu kita coba alat-alatnya. Baik mulai dari servernya maupun lainnya. Nantinya akan kita evaluasi lagi apa yang menjadi kendalanya,” jelasnya.

Eko mengungkapkan, untuk pelayanan utama masih tetap dilakukan di kantor lama, yakni di Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. “Soft opening atau uji coba dibuka sejak Senin lalu, dan akan kita buka selama satu bulan. Dan untuk selanjutnya dilakukan evaluasi secara keseluruhan. Jika sudah memungkinkan untuk kepindahan kantor akan segera dilakukan, tetapi jika masih perlu perbaikan atau penambahan akan dilakukan terlebih dahulu,” ujar Eko.

Untuk diketahui, uji coba di kantor baru tersebut adalah untuk pelayanan yang meliputi KTP elektronik (e-KTP), akta kelahiran, akta kematian, dan kartu keluarga (KK).(blt2)

Keterangan gambar: Ilustrasi e-KTP.(foto : google.com)