ADAKITANEWS, Blitar – Komisi III DPRD Kabupaten Blitar bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) meninjau lokasi yang bakal dibangun jalan pelurusan arah Wlingi Kabupaten Blitar ke Ngantang Kabupaten Malang, Senin (29/01) siang. Rencana pembangunan pelurusan ini, tepat berada di Desa Tulungrejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar, Harpiyanto Nugroho mengatakan, pihaknya sudah menyediakan anggaran untuk rencana pembangunan jalur pelurusan arah Wlingi Blitar ke Ngantang Malang sebesar Rp 6 miliar. Dan tahun 2018 ini, direncanakan pembangunan bakal mulai dilakukan.

“Tahun ini kita sudah anggarkan pembangunan pelurusan jalan ini sebesar Rp 6 miliar. Jadi kita tinggal melakukan perencanaan dan seterusnya. Karena tahun ini pastinya pembangunan akan kita mulai,” tuturnya setelah selesai meninjau lokasi.

Lebih lanjut Harpi menjelaskan, pembangunan pelurusan jalan ini bertujuan untuk melancarkan lalu lintas, karena banyak jalan yang berliku-liku serta tikungan tajam. Sehingga kendaraan yang lewat terbatas, dalam artian untuk kendaraan yang besar bakal sulit untuk melintas.

“Agar masyarakat yang lewat lebih nyaman dan lalu lintas bisa lancar. Karena jalur itu yang melalui, tidak hanya kendaraan kecil tapi juga besar,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Nur Fathoni mengatakan, pihaknya mendukung dengan pembangunan pelurusan jalur tersebut. Namun ia mengingatkan, perencanaan dan ide-idenya harus jelas. Kedepan pihaknya masih akan mengundang Dinas PUPR lagi untuk mendengar penjelasan terkait proses pembangunan pelurusan itu.

“Kita akan mengundang Dinas PUPR lagi, dan melihat skema pelurusan itu seperti apa yang tentunya harus didukung dengan perencanaan. Selain itu saya juga meminta kepada PUPR dalam melaksanakan lelang harus profesional,” papar politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana saat peninjauan lokasi rencana pembangunan pelurusan jalur.(foto : fathan)