ADAKITANEWS, Tulungagung – Bidang Pemadam Kebakaran, Satpol PP Tulungagung tahun ini mendapat tambahan satu unit mobil pemadam kebakaran. Jadi, total mobil pemadam yang dimiliki saat ini sejumlah 3 unit.

“Dengan adanya penambahan satu unit mobil pemadam kebakaran ini, saya harapkan lebih memacu kinerja dan penanganan terhadap bencana kebakaran bisa semakin optimal,” kata Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo saat uji coba armada baru di GOR Lembu Peteng, Selasa (03/10).

Meski mendapatkan tambahan armada, Bupati tetap berharap mobil tersebut jarang digunakan. “Namun saya lebih senang jika mobil tersebut jarang digunakan, artinya bencana kebakaran di Tulungagung sangat minim, itu akan lebih baik,” tambahnya.

Meski secara spesifik armada baru yang pengadaannya menggunakan dana APBD 2017 sebesar Rp 1,7 miliar ini memiliki keunggulan dibanding dengan dua armada sebelumnya, Syahri mengatakan bahwa hal ini masih belum sesuai yang diharapkan.

“Kondisi mobil pemadam kebakaran ini belum sesuai harapan saya, karena kelengkapan tangga mekanis belum ada, sehingga mobil ini kurang optimal untuk digunakan pada obyek gedung bertingkat,” ungkap Syahri.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Tulungagung, Bagus Kuncoro mengatakan, dibandingkan dengan dua armada sebelumnya, mobil pabrikan dari Hino ini memiliki beberapa kelebihan.

“Kelebihan dari armada ini, sudah menggunakan panel-panel elektrik, sedangkan jangkauan penyemprotan mencapai 40 meter secara vertikal dan 70 meter untuk arah horizontal. Untuk kapasitas tangki air mampu menapung 5.500 liter,” jelas Bagus Kuncoro.

Tambah Bagus, pengadaan mobil pemadam ini merupakan rencana dari pengadaan untuk memenuhi jumlah minimal yang dilakukan secara bertahap hingga pada tahun 2020.

“Kita harapkan pada tahun 2020 nanti Pemkab Tulungagung akan memiliki sebanyak 6 mobil pemadam kebakaran termasuk yang terdapat tangga elektrik, sehingga bisa maksimal untuk menangani kondisi musibah kebakaran,” harap Bagus Kuncoro, optimis.(ta1)

Keterangan gambar : Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo (kanan) saat uji coba penyemprotan.(foto : acta cahyono)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/031017-ta1-tulungagung-damkar-1024x573.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/031017-ta1-tulungagung-damkar-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,bupati tulungagung,mobil pemadam kebakaran,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Bidang Pemadam Kebakaran, Satpol PP Tulungagung tahun ini mendapat tambahan satu unit mobil pemadam kebakaran. Jadi, total mobil pemadam yang dimiliki saat ini sejumlah 3 unit. “Dengan adanya penambahan satu unit mobil pemadam kebakaran ini, saya harapkan lebih memacu kinerja dan penanganan terhadap bencana kebakaran bisa semakin...