Pembubaran HTI Belum Berdampak di Blitar

ADAKITANEWS, Blitar – Pemerintah Pusat telah memutuskan untuk membubarkan dan melarang kegiatan yang dilakukan organisasi kemasyarakatan (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Hal itu dikhawatirkan bisa menimbulkan gejolak pada perwakilan HTI, terutama yang berada di daerah.

Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Blitar, Akhmad Husain mengatakan, saat ini di Kabupaten Blitar masih terbilang kondusif dan belum ada gejolak terkait hal itu. Ia mengaku, pihaknya sudah memiliki tim sendiri untuk melihat perkembangan HTI di Kabupaten Blitar.

“Meski belum ada gejolak, kita tetap pantau perkembangan HTI di Kabupaten Blitar ini,” kata Husain saat ditemui di kantornya, Rabu (10/05) siang.

Menurut Husain, pergerakan HTI di daerah selama ini diketahui mengikuti arahan dari HTI pusat. Menurut hasil pantauannya, HTI pusat sendiri sejauh ini belum melakukan kegiatan. “Saat ini pembubaran ormas ini masih dalam proses di Pemerintah Pusat,” ungkapnya.

Saat ditanya jika HTI di Kabupaten Blitar akan melakukan kegiatan, Husain mengaku, tetap akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dalam menangani hal tersebut. Namun menurutnya, hingga kini belum ada kegiatan yang dilakukan HTI.

“Alhamdulillah belum ada kegiatan yang dilakukan HTI. Tapi untuk mengantisipasinya kami akan tetap berkoordinasi dengan ormas-ormas lain yang ada di Kabupaten Blitar,” paparnya.(blt2)

Keterangan gambar: Akhmad Husain, Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Recommended For You