Kediri(adakitanews.com)—Pemerintah Desa Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri membagikan 4500 masker ke warga serta rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Selain itu Pemdes juga telah mempersiapkan posko covid-19 untuk melakukan observasi dan wawancara jika ada warga pendatang atau usai berpergian dari luar daerah.

Kepala Desa Papar H. Kelik Priyono mengatakan penyemprotan cairan disinfektan ke jalan serta rumah warga dan juga tempat fasilitas umum sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran virus korona.

“Selain melakukan penyemprotan kami juga membagikan masker ke warga,” tutur Kelik, Senin (20/4/2020).

Selain itu, Pemdes Papar mendiirikan posko covid-19. Untuk piket petugas jaga dibagi menjadi 2 shift yakni shift pertama pukul 6 pagi hingga 1 siang dan shift kedua pukul 1 siang hingga 9 malam.

Uniknya di posko ini bagi petugas yang telah dijadwal piket dan berhalangan hadir maka dilakukan denda uang Rp 100 ribu. Uang hasil denda tersebut oleh pemerintah desa akan dibelikan masker atau obat disinfektan.

“Tentunya konsekunsi tersebut telah disepakati oleh seluruh pihak yang terlibat dan tak ada unsur pemaksaan,” jelas Kades Papar.(gar).