Pemilu 2024, Dapil di Kab Kediri Tunggu Penetapan dari KPU RI

Ketua KPU Kab Kediri Ninik S dan Komisioner KPU Kabupaten Kediri Bidang Teknis, Anwar Ansori, saat menghadiri rapat

Kediri(adakitanews.com)—Rencana penambahan daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Kediri pada pemilu 2024 tetap pada opsi pertama seperti pemilu 2019 silam. Dari tiga dapil yang telah disusun, rancangan pertama dengan 6 dapil yang membagi 26 kecamatan dirasa masih relevan.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Bidang Teknis, Anwar Ansori, menuturkan rancangan wacana pemekaran dapil yang disampaikan ke Parpol masyarakat mendapat tanggapan kurang tepat.

Parpol dan masyarakat tetap memilih opsi dapil yang lama pada tahun 2019 lalu. “Setelah disampaikan kepada para parpol dan masyarakat, dengan uji publik dan tanggapan masyarakat, rancangan 1 saat ini yang terpenuhi syaratnya dan masih relevan,” tutur Anwar saat dikonfirmasi, Selasa (3/1/2023) siang.

Dari tiga 3 rancangan yang telah dipresentasikan dan diusulkan, dapil di Kabupaten Kediri berpotensi bertambah menjadi 8 dapil dari sebelumnya hanya 6 dapil.

Dengan rincian rancangan 1 dengan 6 dapil dan 50 kursi. Rancangan 2 dengan 7 dapil dan 50 kursi serta rancangan 3 dengan 8 dapil dan 50 kursi.

Menurut Anwar, rancangan pertama dipilih dengan pertimbangan telah memenuhi beberapa komposisi, seperti konektivitas geografis, integritas dan kesinambungan serta terkait kondusifitas keamanan wilayah.

Sehingga dua rancangan baru yang masih belum masuk komposisi tersebut kurang relevan untuk diaplikasikan di Kabupaten Kediri.

“Pada proses pencermatan kami sampaikan dalam uji publik dan tanggapan masyarakat. Semua juga setuju dan memilih rancangan satu. Saat ini prosesnya masih di konsultasikan ke KPU RI pusat dan DPR RI nanti akan di tetapkan secara resmi,”ungkap Anwar.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kediri M. Zaini mengatakan untuk wacana rancangan pemekaran Dapil kurang tepat.

“Itu kan ada tiga opsi. Kita tetap usulkan opsi yang pertama yakni Dapil yang lama. Dapil lama sudah dipakai di tahun pemilu sebelumnya dan sangat relevan serta pas,”kata Zaini.

Zaini mengungkapkan, pertimbangan tetap mengusulkan dapil lama atau opsi 1 ke KPU Kabupaten Kediri. Menurutnya ada 7 prinsip yang ada di PKPU yang memenuhi persyaratan dan yang pas opsi 1 yaitu dapil lama.

Sedangkan opsi dua dan tiga tidak masuk dalam 7 prinsip PKPU baik itu secara geografis maupun segi kondusifitas.

“Yang masuk kriteria di 7 prinsip PKPU ini ya opsi 1 yaitu dapil lama. Karena opsi 1 sudah sesuai kriteria,”ungkap Zaini.(Gar).

Recommended For You