ADAKITANEWS, Sidoarjo- Peningkatan peran pedagang kecil dan mikro di Kabupaten Sidoarjo terus digalakkan. Tidak hanya para pelaku usaha, konsumen yang diketahui memiliki dominasi peran di bidang perdagangan juga menjadi perhatian. Salah satunya yakni mendorong gerakan belanja di warung tetangga untuk peninkatan pendapatan ekonomi warga Sidoarjo.

Melalui Sosalisasi Gerakan Belanja di Warung Tetangga yang digelar Pendopo Delta Wibawa, Selasa (31/05), Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan dan ESDM Kabupaten Sidoarjo diharapkan masyarakat melalui peran konsumennya mampu meningkatkan pendapatan para pelaku usaha.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan dan ESDM Sidoarjo, Feni Apridawati mengatakan pemkab terus mengupayakan peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat Sidoarjo. Salah satunya peran usaha Mikro Kecil dan Menengah. Feni menambahkan, selain peningkatan pelaku usaha, peran serta masyarakat yang mayoritas merupakan konsumen aktif diharapkan ikut meningkatkan perekonomian di Sidoarjo. “Pemkab Sidoarjo terus mengupayakan peningkatan ekonomi masyarakat. Baik dengan pengadaan pelatihan-pelatihan, serta bantuan hibah kepada para pelaku usaha,” ujarnya.

Feni menjelaskan, selama ini pemkab melalui berbagai program telah memberikan berbagai bantuan hibah kepada masyarakat. Salah satunya berupa sembako dan etalase guna mendukung kegiatan usaha yang mereka lakuan. Dengan adanya Gerakan Belanja di Warung Tetangga, dimaksudkan untuk mendorong pergerakan perekonomian di masyarakat, khususnya di wilayah mereka masing-masing. “Gerakan Belanja di Warung Tetangga diharapkan ikut mendukung para pelaku usaha dalam meningkatkan pendapatan dan perekonomian,” imbuhnya.

Senada dengan hal itu, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengatakan Gerakan Belanja di Warung Tetangga merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Inovasi dan kreativitas para pelaku usaha juga tetap dituntut untuk aktif menjalankan usahanya. “Ini merupakan salah satu upaya kami (Pemkab Sidoarjo,red) untuk terus meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.(kur)

Keterangan gambar: (atas) Feni Apridawati saat menyampaikan sambutan dalam acara Sosialisasi Gerakan Belanja di Warung Tetangga, Selasa (31/05).(foto: kurniawan)