Pemkab Blitar Pastikan, Perbub Tunjangan Anggota DPRD Terbit Bulan Depan

484

ADAKITANEWS, Blitar- Teka-teki waktu pencairan tunjangan bagi anggota DPRD Kabupaten Blitar mulai mendapat titik terang. Itu setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar memastikan bahwa Peraturan Bupati (Perbup) tentang tunjangan itu akan diterbitkan bulan depan.

Kepala Badan Keuangan dan Arsip Daerah Kabupaten Blitar, Khusna Lindarti mengatakan, proses pembuatan Peraturan Bupati tentang tunjangan angggota DPRD Kabupaten Blitar masih dalam tahap penyelesaian. Ia menjelaskan, untuk saat ini masih dalam tahap penghitungan besaran tunjangan yang sesuai untuk anggota DPRD dan sesuai dengan kemampuan anggaran daerah.

“Saat ini Perbu tentang tunjangan DPRD memang masih dalam tahap penyelesaian. Kita terus berupaya semaksimal mungkin untuk segera menyelesaikannya,” kata Khusna, Jumat (27/10).

Sedangkan penghitungan besaran tunjangan, dilakukan lembaga appraisal profesional independen atau pihak ketiga. Selain itu, dalam waktu dekat Perbup akan segera diselesaikan. Dan dipastikan pada awal bulan November nanti Perbup ini sudah bisa terbit.

“Semoga saja awal bulan depan Perbup ini sudah bisa kita terbitkan. Sehingga anggota DPRD sudah bisa menerima tunjangan mereka masing-masing,” pungkasnya.

Khusna menambahkan, tunjangan itu sesuai dengan amanah PP nommor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD yang telah dituangkan dalam Perda, dan untuk teknisnya membutuhkan Peraturan Bupati.

“Jadi ini semua sudah sesuai PP yang ada. Kita tingga mengikutinya,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Khusna Lindarti, Kepala Badan Keuangan dan Arsip Daerah Kabupaten Blitar.(foto : fathan)