ADAKITANEWS, Jombang – Pemkab Jombang mengaku mengapresiasi langkah Dewan Pers melakukan verifikasi terhadap media massa yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan rencana penempelan QR Code atau kode batang pada tiap media yang telah terverifikasi, mulai 9 Februari 2017 mendatang.

Kabag Humas Pemkab Jombang, Agus Usman Panuwon saat dikonfirmasi Tim Adakitanews.com di ruangnya mengatakan, maraknya pemberitaan hoax di media-media sosial, yang tidak jarang menggunakan link atau tautan dari media “abal-abal”, dan bisa membahayakan. “Kami sangat mengapresiasi tindakan Dewan Pers dengan diverifikasinya media-media yang ada di Indonesia, khususnya seperti saat ini semakin maraknya pemberitaan berita hoax yang tidak bisa dipertanggung jawabkan,” katanya, Senin (09/01).

Agus juga menyinggung tentang pemberitaan yang kurang objektif, artinya tidak seimbang dalam menyampaikan pemberitaan kepada masyarakat. “Media harus objektif dalam menyampaikan isi berita agar seimbang. Jangan hanya berat sebelah nantinya membuat salah satu pihak terpojokkan,” tambahnya.

Selaku Kabag Humas Pemkab Jombang, ia berharap agar masyarakat lebih hati-hati dalam menerima pemberitaan yang sifatnya adu domba dan memecah belah bangsa, khususnya di Kabupaten Jombang.(jb4)

Keterangan gambar. Turnbackhoax.(google.com)