ADAKITANEWS, Jombang – Menyusul setelah ditetapkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada 6 September 2017 lalu, Pemerintah Kabupaten Jombang juga akan segera menyiapkan Peraturan Bupati (Perbup) untuk aturan teknisnya.

Dalam rangka persiapannya, Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang akhirnya melakukan hearing ke Komisi D DPRD Kabupaten Jombang, dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Budi Nugroho, para stakeholder pendidikan di Jombang seperti NU dan Muhammadiyah, serta Kementerian Agama Kabupaten Jombang.

Ditemui Tim Adakitanews.com, Budi Nugroho mengatakan bahwa Pemkab Jombang melalui Dinas Pendidikan akan segera menyiapkan Perbup sebagai teknis pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sesuai acuhan Perpres Nomor 87 Tahun 2017.

“Nanti kita akan siapkan Perbub untuk aturan teknisnya sebagai tindak lanjut dari Perpres nomor 87 tahun 2017,” ungkap Budi Nugroho saat ditemui setelah hearing.

Perbub itu sendiri rencananya ditaargetkan akan diselesaikan pada tahun ini. Sementara saat disinggung mengenai persiapan, Budi Nugroho menuturkan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan sarana dan prasarana serta SDM dan kurikulum, yang sesuai Standar Nasional Pendidikan. Persiapan tersebut nantinya bertujuan untuk menunjang suksesnya pendidikan karakter di Kabupaten Jombang.

“Untuk pendidikan karakter khas Jombang dengan pendidikan agama, nasionalis, integritas dan gotong royong. Untuk itu kami sedang menyiapkan sarana dan prasarana serta kurikulum sesuai standar nasional pendidikan,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang.

Terpisah, Ketua Komisi D DPRD Jombang, Moh Syarif Hidayatulloh mengatakan bahwa hasil hearing terkait PPK telah disepakati dan akan segera ditindaklanjuti. “Hasil hearing tadi, Komisi D sudah menyepakati dan akan ditindaklanjuti. Bentuk kesepakatannya kedepan akan membuat Perbub untuk menindaklanjuti soal Perpres nomor 87 tahun 2017,” ujarnya.

Komisi D juga berharap kedepan akan ada penguatan pendidikan agama di Kabupaten Jombang sebagai tolok ukur. “Kami berharap di Kabupaten Jombang ada penguatan pendidikan agama sebagai tolok ukur yang ditonjolkan,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Dinas Pendidikan bersama stakeholder saat hearing di ruang Komisi D DPRD Jombang. (bawah) Kepala Disdik Kabupaten Jombang, Budi Nugroho.(foto:adi rosul)