ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kembali menggelar program Mudik Gratis Angkutan Lebaran 1438 H. Ada 25 bus yang disediakan untuk mengangkut pemudik di beberapa Kabupaten/Kota tujuan. Seperti Banyuwangi, Ponorogo, Magetan, Jember, Trenggalek, Blitar dan Bojonegoro. Mudik gratis tersebut diberangkatkan langsung oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah di pendopo Delta Wibawa, Jumat (23/06).

Ada 1.375 pemudik yang memanfaatkan mudik gratis dari Pemkab Sidoarjo tersebut. Saat pemberangkatan rombongan, hadir juga Wakil Bupati, Nur Ahmad Syaifuddin, Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Himawan Bayu Aji, serta Dandim 0816 Sidoarjo, Letkol Inf Fadli Mulyono.

Bupati yang akrab disapa Abah Ipul ini mengatakan, peminat mudik gratis pada tahun ini sangat banyak hingga semua bus terisi penuh dan tidak ada tempat duduk yang kosong. Bahkan, tahun ini juga banyak pemudik yang tidak dapat mendaftar menjadi peserta mudik gratis. Pasalnya Pemkab Sidoarjo hanya menyediakan 25 bus dengan total penumpang 1.375 orang. “Tahun lalu Pemkab Sidoarjo juga menyediakan 25 bus namun pesertanya tidak penuh,” ujarnya.

Untuk itu Abah Ipul meminta tahun depan ada penambahan bus. Ia meminta kepada Dinas Perhubungan Sidoarjo untuk mengakomodir semua peserta untuk menentukan berapa bus yang akan digunakan untuk mudik gratis tahun depan.
Pasalnya, imbuh Abah Ipul, mudik gratis ini adalah bagian dari peningkatan pelayanan transportasi kepada masyarakat Sidoarjo. “Mudik gratis ini diperuntukkan kepada seluruh masyarakat Sidoarjo tanpa terkecuali,” ucapnya.

Abah Ipul menjelaskan, dengan mudik gratis seperti ini masyarakat Sidoarjo dapat mudik dengan nyaman, aman dan selamat sampai tujuan. Selain itu melalui mudik seperti ini akan mengurangi kepadatan lalu lintas. “Bus yang digunakan telah dilakukan pengecekan kelayakan jalan. Selain itu sopir bus mudik gratis juga dicek kesehatannya. Dengan demikian peserta mudik dapat tenang sampai tujuan dengan mudik gratis seperti ini,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo, Asrofi mengatakan mudik gratis seperti ini untuk meminimalisir penggunaan kendaraan khususnya roda dua. Dengan begitu akan mengurangi kemacetan serta kecelakaan lalu lintas. Ia mengatakan nantinya Pemerintah Propinsi Jawa Timur juga akan menyediakan angkutan untuk arus balik lebaran.(sid2)

Keterangan gambar : Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah saat memberangkatkan pemudik.(ist)