ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pemkab Sidoarjo mengaku siap meladeni gugatan tiga mantan Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Delta Tirta yang sebelumnya telah dipecat Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah. Bahkan, Bupati Sidoarjo juga dikabarkan telah menunjuk Kabag Hukum Pemkab Sidoarjo, Heri Soesanto sebagai kuasa hukumnya.

Wakil Bupati Sidoarjo, H Nur Achmad Syaifuddin yang juga selalu Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sidoarjo mengatakan bahwa keputusan Bupati Sidoarjo untuk memberhentikan ketiga Direksi PDAM telah melalui prosedur yang ada.

Dikatakan Wabup, keputusan pemberhentian serta pengangkatan Pjs juga sudah didasari landasan aturan yang kuat dan tegas. “Tidak masalah. Itu hak mereka melakukan gugatan. Pemkab Sidoarjo siap menghadapi,” kata Wabup yang akrab disapa Cak Nur ini, Rabu (21/09).

Cak Mur menambahkan, sebelum Bupati mengambil keputusan pemberhentian, pihak Dewas (Dewan Pengawas) PDAM juga sudah melakukan evaluasi terhadap ketiga direksi tersebut. Bahkan dikatakan Cak Mur, sudah ada persidangan yang dilakukan oleh Dewas PDAM. “Proses persidangan sudah dilakukan oleh Dewas. Mereka (mantan Direksi,red) dievaluasi dengan cara diundang satu per satu untuk dimintai keterangan dan pertanggungjawaban. Baru kemudian Dewas memberikan rekomendasi kepada Bupati Sidoarjo, dan SK pemberhentian itu turun,” tambahnya.

Sementara itu, Kabag Hukum Pemkab Sidoarjo, Heri Soesanto membenarkan bahwa dirinya sudah ditunjuk oleh Bupati Sidoarjo sebagai kuasa hukum. Terkait adanya gugatan tersebut, Heri mengatakan bahwa hal itu merupakan hak subjektif. Dan Heri juga mengklarifikasi bahwa pada Kamis, 22 September 2016 besok bukanlah sidang gugatan, melainkan pemeriksaan perkara.

“Ini yang perlu diklarifikasi. Bahwa besok itu bukan sidang, melainkan pemeriksaan perkara,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, tiga mantan Direksi PDAM Delta Tirta Sidoarjo, yakni Aries Ardiansyah (Direktur Administrasi Keuangan), Bimo Ariesdiyanto (Direktur Pelayanan) dan Iwan Prasetya (Direktur Operasional) telah melayangkan gugatan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo, yakni Bupati Sidoarjo ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jawa Timur di Juanda Sidoarjo.

Gugatan itu berkaitan dengan SK Bupati atas pemecatan tiga direksi dan SK pengangkatan Pejabat Sementara (Pjs) direksi yang dikeluarkan pada akhir Mei lalu.(kur)

Keterangan gambar: Wakil Bupati Sidoarjo, H Nur Achmad Syaifuddin yang juga menjabat sebagai Pjs Dirut PDAM Delta Tirta Sidoarjo saat menunjukkan SK pemberhentian direksi dan pengangkatan Pjs.(dok. Adakitanews.com)