ADAKITANEWS, Tulungagung – Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyediakan jaringan internet gratis di 11 sarana publik. Kesebelas titik tersebut diantaranya Alun-alun, Taman Kartini, Balai Budaya, Balai Rakyat, dan Kantor Infokom. Dan selanjutnya yang juga segera menyusul yakni di GOR Lembu Peteng, dan Jogging Track Kali Ngrowo.

Program tersebut merupakan juga hasil kerja sama Pemkab Tulungagung dengan salah satu provider internet di Tulungagung.

“Program ini melengkapi fasilitas ruang publik yang ada. Dengan adanya jaringan internet secara gratis, diharapkan memudahkan masyarakat untuk mengakses internet,” kata Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo, Jumat (26/01).

Lanjut Syahri, pengadaan internet ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari salah satu provider internet kepada Pemkab Tulungagung. Meski untuk sementara layanan internet gratis ini baru dipusatkan di kota, namun nantinya minimal di setiap kecamatan juga akan diadakan.

Syahri Mulyo mengaku mengapresiasi program tersebut. Meski belum beroperasi dan mendapatkan profit di Tulungagung, perusahaan provider internet itu sudah mau berkontribusi untuk Tulungagung. “Ada perusahaan yang mengambil untung di Tulungagung, namun tidak pernah menyalurkan CSR nya di Tulungagung,” katanya.

Selain itu Syahri berpesan, dengan kemudahan akses internet ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dari sisi positifnya. “Pergunakan secara bijak dan manfaatkan secara maksimal untuk tujuan yang positif, jangan malah untuk menyebarkan berita hoax, mengujar kebencian dan hal-hal yang berbau SARA. Karena nanti akan merugikan diri sendiri dan akan berisiko dengan hukum,” pesan Syahri.(bac)

Keterangan gambar : Alun-alun Tulungagung yang dilengkapi dengan akses internet gratis.(foto : acta cahyono)