ADAKITANEWS, Kota Blitar – Banyaknya genangan air di sejumlah titik di Kota Blitar membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melakukan perbaikan drainase. Perbaikan tersebut diantaranya dilakukan di Jalan Ciliwung, Jalan Widuri, Jalan Kelud, Jalan Mastrip, Jalan Anggrek, dan Jalan Soedanco Soeprijadi.

Wakil Walikota Blitar, Santoso mengungkapkan, bahwa perbaikan drainase di jalan-jalan tersebut bakal dikebut dan ditargetkan selesai sebelum musim mudik lebaran nanti. Menurutnya, perbaikan yang dilakukan Pemkot Blitar sudah tepat, karena saat ini sudah memasuki musim kemarau, sehingga pengerjaan proyek bisa berjalan maksimal.

“Harapan kita memang sebelum musim mudik lebaran sudah selesai semua. Dan sekarang kan waktunya tepat untuk melakukan perbaikan karena sudah memasuki musim kemarau,” kata Santoso, Kamis (25/05).

Santoso berharap untuk saat ini masyarakat Blitar memaklumi dengan adanya tumpukan material di beberapa titik jalan. Karena perbaikan drainase, juga dilakukan demi kenyamanan warga Kota Blitar. Pihaknya juga berjanji pengerjaan perbaikan drainase bakal dilakukan secepat mungkin.

Wawali mengimbau masyarakat berhati-hati saat melintasi kawasan yang sedang ada perbaikan drainase. “Ya karena proyek kan masih berjalan jadi ya masyarakat harus maklum. Namun kita menjamin proyek itu bakal diselesaikan secepatnya tanpa mengulur-ulur waktu,” paparnya.

Sementara itu dari pantauan Tim Adakitanews.com, perbaikan drainase ternyata justru banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Sebagian besar mengeluhkan material yang memakan badan jalan, sehingga menganggu arus lalulintas. Dian, salah satu warga Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan mengaku, banyaknya material serta sisa kerukan drainase yang diletakkan di badan jalan mengakibatkan pengguna jalan harus ekstra berhati-hati.

“Ya sebenarnya mengganggu karena kan banyak tumpukan material. Utamanya kalau malam kan ada beberapa titik yang minim penerangan,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Ari Santoso, 38, warga Kelurahan Bendo Kecamatan Kepanjenkidul. Menurutnya, ia justru pernah hampir mengalami kecelakaan saat melintas di jalan yang sedang diperbaiki drainasenya. Beruntung ia dapat mengendalikan laju kendaraannya.

Meski begitu Ari mengaku mendukung upaya perbaikan drainase yang dilakukan Pemkot Blitar sebagai salah satu upaya meminimalisir genangan air saat musim hujan. “Daripada tidak segera diperbaiki nanti kalau musim hujan malah akan semakin membahayakan pengguna jalan karena genangan air,” jelasnya.(blt2)

Keterangan gambar: Salah satu tempat perbaikan drainase di Kota Blitar.(ist)