ADAKITANEWS, Blitar – Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Saptono Yohanes mengatakan, Pemerintah Kota Blitar kini telah menerapkan jaminan biaya bongkar reklame bagi penyelenggara iklan mulai April 2018.

Selain membayar pajak reklame, penyelenggara iklan juga harus membayar jaminan biaya bongkar ke Pemkot Blitar. “Kebijakan itu baru, sebelumnya penyelenggara iklan tidak dikenakan jaminan biaya bongkar,” kata Widodo, Sabtu (07/04).

Widodo menuturkan, ada perubahan Perwali tentang pedoman teknis penyelenggaraan reklame dan alat peraga kampanye (APK). Perwali sebelumnya Nomor 24 Tahun 2013 diganti dengan Perwali Nomor 23 Tahun 2017. Meski Perwali baru telah disahkan pada 2017, namun penerapannya baru mulai April 2018 ini.

“Karena kami harus menyiapkan aplikasi dan koordinasi dengan perizinan serta Satpol PP,” ujar Widodo.

Lebih lanjut Widodo menjelaskan, sebenarnya jaminan biaya bongkar reklame menjadi kewajiban penyelenggara iklan. Tetapi, sebelumnya di Kota Blitar belum menerapkan kebijakan itu. Jaminan biaya bongkar itu juga sebagai sanksi bagi penyelenggara iklan yang tidak membongkar reklame setelah masa pemasangan habis.

Untuk biaya jaminan biaya bongkar, tergantung besar kecilnya ukuran reklame yang dipasang. Misalnya, pajak pemasangan iklan Rp 200 ribu, lalu ditambah lagi dengan jaminan biaya bongkar Rp 30 ribu. Berarti penyelenggara iklan harus membayar Rp 230 ribu.

Jaminan biaya bongkar itu akan disimpan oleh pemerintah daerah. Kalau penyelenggara iklan tidak membongkar reklame setelah masa pemasangan habis, maka jaminan biaya bongkar akan diambil pemerintah daerah. Tetapi, jika penyelenggara iklan sudah membongkar reklame sebelum masa pemasangan habis, maka Pemkot akan mengembalikan jaminan biaya bongkar ke penyelenggara.

“Jaminan biaya bongkar ini untuk semua jenis iklan, baik model spanduk maupun reklame permanen,” katanya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Salah satu papan iklan di Kota Blitar.(foto : fathan)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/070418-fat-blitar-reklame-1024x576.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/070418-fat-blitar-reklame-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,blitar,iklan,reklame
ADAKITANEWS, Blitar - Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Saptono Yohanes mengatakan, Pemerintah Kota Blitar kini telah menerapkan jaminan biaya bongkar reklame bagi penyelenggara iklan mulai April 2018. Selain membayar pajak reklame, penyelenggara iklan juga harus membayar jaminan biaya bongkar ke Pemkot Blitar. 'Kebijakan itu...