ADAKITANEWSimageimage, Surabaya РKementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Cipta Karya, Provinsi Jawa Timur, di tahun kemarin melaksanakan beberapa proyek fisik di sejumlah daerah.  Diduga selain pelaksanaannya dilakukan tidak secara transparan, juga dikerjakan asal jadi.

Sebagai diungkapkan salah seorang sumber kepada Adakitanews.com belum lama ini. Sumber ini mengatakan, salah satu proyek fisik yang disinyalir dikerjakan asal jadi dan tidak trasparan itu berada di wilayah Kota Kediri.

“Jenis proyeknya adalah pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kota Kediri.” beber sumber di Kementerian PU Direktorat Jendral Cipta Karya, Provinsi Jatim yang enggan disebut namanya.

Proyek tersebut, kata sumber itu, dibiayai dengan mengunakan Dana Aggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2014, ” Nilai kontraknya sekitar Rp 11 miliar lebih” sebutnya.

Ia menambahkan, pekerjaan proyek bernilai miliaran itu dipercayakan pada PT. Modern Makmur Mandiri (MMM) dan kontrak pekerjaan dilakukan pada awal Maret tahun 2014 kemarin.

“Yang saya tahu lelangnya dulu dimenangkan oleh PT MMM. Jika ingin mengetahui secara pasti, baiknya tinjau langsung ke lokasi” ucapnya, sembari mewanti – wanti agar identitas tidak dipublikasikan.

Ditanya, apa benar proyek tersebut dilakukan tidak transparan dan dikerjakan asal jadi? Pihaknya enggan menjawab, dan hanya tersenyum “Sudahlah cek ke lokasi aja dulu.” Ujarnya.

Pantauan dilokasi, terdapat dua bangunan baru. Yakni berbentuk tempat yamg digunakan untuk mengolah sampah atau area lahan basah (wetland) dan bak penampung sampah yang letaknya persis berada di barat TPA Kota Kediri.

Yang menjadi pertanyaan, yang manakah proyek fisik Kementerian PU Direktorat Jendral Cipta Karya yang dikerjakan oleh PT MMM ? Pasalnya, selain di sekitar lokasi proyek tidak ada papan nama proyek (name bord), juga sesuai data yang didapat menyebutkan, bahwa pemerintah daerah setempat juga mengalokasikan anggaran untuk proyek pembangunan wetland di tahun dan area yang sama.

Hingga berita ini diunggah, pihak Kementrian PU Direktorat Jendral Cipta Karya, Provinsi Jawa Timur belum berhasil dikonfirmasi. Saat didatangi di kantornya beralamat di Jl Raya Menganti Wiyung, Surabaya, namun yang bersangkutan tidak ada ditempat.

“Atasan kami dan bagian yang menangani pekerjaan itu tidak ada ditempat. Baiknya bikin janji terlebih dahulu sebelum menemui” ucap salah seorng staf sebagai penerima tamu, kemarin siang. (YS)

Keterangan Gambar : pembangunan TPA di Kota Kediri selain asal jadi juga sudah mengalami kerusakan. 

Tags: