ADAKITANEWS, Tulungagung – Untuk menjamin terpenuhinya hak politik warga binaan di Lapas kelas II B Tulungagung, menjelang dilaksanakannya pilkada serentak 2018 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung secara intens terus berkoordinasi dengan pihak Lapas terkait pemutakhiran data pemilih.

Komisioner KPU Tulungagung, Victor Vebrihandoko menyatakan, kegiatan pemutakhiran terhadap warga binaan Lapas ini dilakukan untuk menekan angka golput.

“Kita harapkan mereka agar menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada serentak nanti. Proses pemutakhiran data pemilih akan terus dilakukan hingga mendekati hari H pencoblosan, karena jumlah penghuni lapas yang selalu mengalami perubahan,” kata Komisioner KPU Tulungagung, Victor Vebrihandoko, Senin (29/01).

Lanjut Victor, menjelang Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim serta Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung yang akan dilaksanakan pada 27 juni 2018 mendatang, KPU Tulungagung terus berkoordinasi dengan pihak Lapas kelas II B Tulungagung untuk pemutakhiran data pemilih di dalam Lapas.

Secara teknis, untuk pemutakhiran data di Lapas ini pihak KPU Tulungagung akan memilahnya menjadi tiga kelompok, yakni pertama warga binaan yang masa hukumannya sampai dengan atau melewati tanggal 27 Juni 2018. Kelompok kedua, domisili warga binaan di wilayah Jawa Timur, untuk memberikan hak suara pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Dan kelompok ketiga warga binaan asal Tulungagung untuk sekaligus memberikan hak suaranya dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung.

Sementara itu, Kepala Lapas kelas II B Tulungagung, Erry Taruna, berharap KPU Tulungagung untuk aktif memberikan sosialisasi terkait teknis pemungutan suara.

“Kita berharap KPU melakukan sosialisasi secara aktif disini (Lapas,red) karena mereka minim akses informasi, selain itu ada sejumlah warga binaan yang dalam Pilkada kali ini, merupakan pemilih pemula,” kata Kalapas kelas II B Tulungagung, Erry Taruna.

Erry Taruna menyampaikan jumlah data terakhir tercatat sebanyak 279 warga binaan yang menghuni Lapas kelas II B Tulungagung.(bac)

Keterangan gambar : Situasi Lapas kelas II B Tulungagung.(foto : acta cahyono)