KankerADAKITANEWS, Tulungagung – Jumlah pengidap penyakit Kanker di Tulungagung terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Masih rendahnya pengetahuan masyarakat terkait penyakit kanker diduga menjadi salah satu penyebabnya. Akibatnya sering terjadi temuan kasus penyakit kanker sudah dalam stadium lanjut.

Ketua Harian Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Tulungagung, Dr Mohamad Saifullah mengatakan penyakit kanker bisa segera disembuhkan jika bisa terdeteksi sejak dini. “Secara umum salah satu masalah yang kita hadapi adalah rendahnya pengetahuan masyarakat tetang kanker,” ujarnya.

Berdasarkan data YKI, jumlah pengidap penyakit kanker terus bertambah setiap tahunnya. Pada tahun 2010 terdapat 130 kasus kanker. Jumlah ini meningkat pada tahun 2011 sebanyak 140 kasus, tahun 2012 dengan 207 kasus dan tahun 2013 sebanyak 270 kasus. “Grafisnya menunjukkan peningkatan setiap tahun,” tuturnya.

Secara jenis, Kanker mulut rahim atau kanker serviks mendominasi pasien. Peringkat dua kanker payudara dan peringkat ketiga kanker hati. Saifullah menambahkan mayoritas pengidap kanker merupakan wanita. “Secara umum wanita yang sudah lanjut usia,” imbuhnya.

Guna menekan angka kasus kanker, YKI terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat melalui. Seminar dan leaflet. Selain itu YKI juga gencar mengkampanyekan pemeriksaan sejak dini untuk mendeteksi penyakit kanker. “Kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri perlu dibangun,” pungkasnya.(Bram).